5 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Pencernaan, Tak Disangka!

Minggu, 24 April 2022 | 10:30 WIB   Reporter: Helvana Yulian
5 Manfaat Lemon untuk Kesehatan Pencernaan, Tak Disangka!


KONTAN.CO.ID - Lemon menjadi salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C. Tidak hanya itu, lemon juga mengandung antioksidan, folat, potasium, dan vitamin B.

Hal ini membuat manfaat lemon sayang untuk dilewatkan. Buah ini pun banyak dikonsumsi oleh masyarakat untuk diambil manfaatnya.  

Selain kaya akan vitamin C, lemon juga memiliki kandungan flavonoid dan antioksidan yang sangat tinggi.

Kandungan antioksidan dinilai mampu menjaga kesehatan pencernaan dari berbagai radikal bebas yang dapat merusak jaringan di sekitar pencernaan. 

Baca Juga: Agar Mudik Lewat Jalan Tol Lancar, Simak Saran Pengamat Berikut

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut berbagai manfaat lemon untuk kesehatan penceraan, antara lain: 

1. Membantu menjaga berat badan

Manfaat lemon untuk kesehatan penceraan yang pertama adalah membantu menjaga berat bedan. 

Lemon menjadi salah satu buah yang bisa Anda konsumsi ketika Anda sedang menjalani diet. Hal ini disebabkan lemon bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. 

2. Mencegah anemia

Manfaat lemon untuk kesehatan penceraan yang kedua adalah mampu membantu mencegah anemia. 

Anemia defisiensi besi adalah salah satu jenis anemia yang terjadi karena tubuh kekurangan zat besi, sehingga jumlah sel darah merah yang sehat berkurang. 

Penyakit ini bisa membuat penderitanya mudah lelah dan lemas karena asupan oksigen dalam tubuh tidak tercukupi.

3. Membantu mengatasi konstipasi

Manfaat lemon untuk kesehatan penceraan yang ketiga adalah membantu mengatasi konstipasi. Anda bisa mencampurkan air perasan lemon dengan air hangat untuk diminum setiap pagi. 

Hal ini terjadi karena antioksidan mampu meningkatkan kadar air dalam usus sehingga melunakkan feses dan merangsang proses buang air besar.

Baca Juga: 5 Buah Ini Bisa Membantu Menurunkan Darah Tinggi

4. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat lemon untuk kesehatan penceraan yang keempat adalah bisa menjaga kesehatan kulit.  

Jus lemon juga dapat menjaga kelembapan kulit, membuat kulit terlihat lebih segar, dan bahkan mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput dan garis halus. 

Ini berkat kandungan vitamin C pada jus lemon mampu meningkatkan produksi kolagen, yaitu protein yang berperan penting dalam mempertahankan elastisitas dan kesehatan kulit.

5. Memperkuat sistem pencernaan

Manfaat lemon untuk kesehatan penceraan yang kelima adalah memperkuat sistem pencernaan.  Mengonsumsi makanan tepat bisa membantu Anda memperkuat sistem pencernaan, salah satunya buah lemon.

Kandungan asam pada lemon mampu membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik dalam mencerna makanan. Hal ini mencegah penumpukan racun atau sisa makanan dalam perut terlalu lama.

Jika ingin mengetahui lebih jauh mengenai manfaat lemon atau jumlah konsumsi jus lemon yang aman dan sesuai kondisi tubuh Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru