5 Manfaat ubi ungu yang lezat dan kaya nutrisi

Rabu, 02 Desember 2020 | 18:05 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Manfaat ubi ungu yang lezat dan kaya nutrisi

KONTAN.CO.ID - Ubi ungu merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki banyak kegunaan. Manfaat ubi ungu berasal dari nutrisi yang ada di dalamnya.

Mulai dari 87 kalori, 2 gram protein, 3,3 gram serat, hingga lemak kurang dari 1 gram. Berikut manfaat ubi ungu yang bisa Anda dapatkan:

Mengontrol gula darah

Umbi lain yang sejenis dengan ubi ungu berpengaruh pada jumlah gula darah karena kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya. Namun, hal tersebut tak berlaku pada ubi ungu lantaran ada senyawa tumbuhan bernama polyphenol.

Bersumber dari Healthline, polyphenol dapat mengurangi penyerapan zat tepung dalam usus. Hasilnya, jumlah gula darah tetap stabil setelah Anda mengonsumsi ubi ungu.

Mengandung banyak antioksidan

Antioksidan dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas yang berpotensi menimbulkan penyakit. Salah satu jenis antioksidan yang banyak ditemukan di ubi ungu adalah anthocyanin.

Jenis antioksidan itu mampu menyehatkan mata dan mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, serta diabetes.

Selain anthocyanin, Healthline menyebutkan, ada jenis antioksidan lain dalam ubi ungu. Mulai dari vitamin C, karotenoid, tyrosine, hingga chlorogenic acid. Dengan meningkatkan konsumsi ubi ungu, peradangan dalam tubuh Anda bisa mereda.

Baca Juga: 8 Makanan bergizi untuk ibu hamil

Baca Juga: 4 Manfaat vitamin C, bisa untuk turunkan berat badan, lo

Menstabilkan tekanan darah

Manfaat ubi ungu selanjutnya bisa dirasakan oleh penderita tekanan darah tinggi. Kandungan antioksidan dan potasium dalam ubi ungu mampu menurunkan tekanan darah dan menjaga kondisi pembuluh darah.

Hal tersebut dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan selama empat minggu dan melibatkan penderita tekanan darah tinggi. Tekanan sistolik dan diastolik mereka turun sebanyak 3,5% dan 4,3% setelah makan enam hingga delapan ubi ungu sebanyak dua kali dalam sehari.

Mengandung banyak serat

Mengutip dari Healthline, serat dalam ubi ungu berguna untuk membuat Anda kenyang lebih lama, menstabilkan gula darah dan kolesterol, serta mencegah sembelit. Namun, manfaat ubi ungu itu bergantung pada cara Anda mengolah jenis umbi tersebut.

Serat ubi ungu bisa Anda dapat secara maksimal jika dimasak dengan kulitnya. Sebanyak 100 gram ubi ungu dengan kulit yang dimasak di microwave mengandung 3,3 gram serat. Sedangkan ubi ungu yang direbus tanpa kulit hanya mengandung 1,8 g serat.

Selanjutnya: 5 Makanan tinggi karbo tapi membantu menurunkan berat badan dan bikin perut rata

Editor: Belladina Biananda
Terbaru