7 Buah Untuk Meredakan Darah Tinggi, Cek Cara Alami Lain Menurunkan Darah Tinggi

Sabtu, 09 September 2023 | 05:05 WIB   Reporter: Adi Wikanto
7 Buah Untuk Meredakan Darah Tinggi, Cek Cara Alami Lain Menurunkan Darah Tinggi


Buah Meredakan Darah Tinggi - Jakarta. Apa saja buah meredakan darah tinggi? Selain minum obat darah tinggi, penderita hipertensi juga perlu konsumsi buah untuk meredakan darah tinggi.

Buah untuk meredakan darah tinggi adalah pengobatan alternatif untuk penderita hipertensi. Buah untuk meredakan darah tinggi harus dikonsumsi rutin agar efektif membantu menyembuhkan hipertensi.

Dilansir dari Kompas.com, hipertensi adalah tekanan darah yang melebihi batas normal. Hipertensi merupakan faktor risiko serangan dan gagal jantung lantaran organ tubuh tersebut memiliki peranan penting dalam menyuplai darah.

Oleh karena itulah, hipertensi adalah kondisi yang perlu dideteksi dan dikenali sedini mungkin oleh seluruh kalangan. Selain itu, penting untuk mengetahui angka tensi darah normal termasuk sejumlah cara menurunkan tensi darah tinggi menjadi normal dengan cepat.

Tekanan darah atau tensi darah normal seseorang dengan ukuran tinggi, berat, tingkat aktivitas, dan kesehatan adalah di bawah 120/80 mmHg. Seseorang bisa disebut menderita hipertensi jika tekanan darahnya di atas 140/90 mmHg.

Baca Juga: 11 Cara Menurunkan Darah Tinggi yang Wajib Anda Coba

Tensi darah normal

Dilansir dari Kompas.com (26/2/2023), tekanan darah atau tensi adalah angka yang menunjukkan kekuatan jantung dalam memompa darah. Tekanan darah terbagi menjadi dua, yaitu:

  1. Tekanan darah sistolik mengukur kekuatan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh setiap dinding arteri berdenyut. Angka tekanan darah ini tertulis di bagian atas kolom mesin pemeriksaan.
  2. Tekanan darah diastolik mengukur kekuatan saat jantung berelaksasi di antara setiap detak jantung sebelum kembali memompa darah lewat dinding arteri. Angka tekanan darah ini tertulis di bagian bawah di kolom mesin pemeriksaan.

Angka tensi menggunakan satuan ukuran mmHg terdiri dari tekanan darah sistolik dan diastolik. Orang yang tensinya tinggi mengalami kondisi tekanan darah tinggi atau hipertensi. Angka tensi yang termasuk kategori normal dapat ditentukan berdasarkan usia orang, sebagai berikut.

Tensi darah normal Bayi umur <1 bulan

  • Tekanan darah sistolik normal 60-90 mmHg
  • Tekanan darah diastolik normal 20-60 mmHg

Tensi darah normal Bayi umur >1 bulan

  • Tekanan darah sistolik normal 87-105 mmHg
  • Tekanan darah diastolik normal 53-66 mmHg

Tensi darah normal Balita

  • Tekanan darah sistolik normal 95-105 mmHg
  • Tekanan darah diastolik normal 53-66 mmHg

Tensi darah normal Anak maksimal 10 tahun

  • Tekanan darah sistolik normal 97-112 mmHg
  • Tekanan darah diastolik normal 56-71 mmHg

Tensi darah normal Remaja 11-19 tahun

  • Tekanan darah sistolik normal 112-128 mmHg
  • Tekanan darah diastolik normal 66-80 mmHg

Tensi darah normal Dewasa >20 tahun:

  • Tekanan darah sistolik normal di bawah 120 mmHg
  • Tekanan darah diastolik normal di bawah 80 mmHg

Pra-hipertensi:

  • Tekanan darah sistolik 120-129 mmHg
  • Tekanan darah diastolik 80 mmHg

Hipertensi tingkat satu:

  • Tekanan darah sistolik 130-139 mmHg
  • Tekanan darah diastolik 80-89 mmHg

Hipertensi tingkat dua:

  • Tekanan darah sistolik di atas 140 mmHg
  • Tekanan darah diastolik di atas 90 mmHg

Hipertensi darurat:

  • Tekanan darah sistolik di atas 180 mmHg
  • Tekanan darah diastolik di atas 120 mmHg

Cara menurunkan tekanan darah tinggi

Saat mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi, sebaiknya segera lakukan langkah-langkah untuk menurunkannya. Ini untuk mencegah kondisi tubuh memburuk.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi:

1. Turunkan berat badan

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan alami yang pertama adalah menurunkan berat badan. Dikutip dari situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI (28/2/2018), menurunkan berat badan merupakan cara yang paling efektif menurunkan tekanan darah tinggi. Setidaknya, turunkan berat badan sebanyak 4,5 kilogram untuk dapat menurunkan tekanan darah. Namun, jangan sampai turun terlalu banyak.

2. Kurangi garam atau natrium

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan alami yang kedua adalah mengurangi garam. Makanan yang mengandung natrium atau garam terlalu banyak dapat menyebabkan tekanan darah meningkat. Karena itu, perhatikan kadar garam yang dikonsumsi setiap hari. Kurangi asupan garam di bawah 1.500 mg sehari atau setara 3/4 sendok teh. Makanan yang kaya garam seperti roti, daging, pizza, atau ayam goreng.

3. Aktif bergerak atau olahraga

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan alami yang ketiga adalah aktif bergerak atau berolahraga. Olahraga dapat menjadi solusi yang bisa diterapkan untuk menurunkan tekanan darah.

Tidak perlu berlebihan, cukup lakukan aktivitas fisik paling tidak setengah jam setiap hari selama lima hari dalam seminggu. Tidak perlu olahraga berat, bisa diganti dengan menari, bersepeda, jalan cepat, atau berkebun.

4. Latihan beban

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan alami yang keempat adalah latihan beban. Untuk menambah aktivitas fisik tubuh, lakukan latihan angkat beban selama beberapa hari seminggu. Latihan ini juga membantu menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap fit seiring bertambahnya usia, terutama pada perempuan.

5. Cukup tidur dan istirahat

Cara menurunkan tekanan darah tinggi selanjutnya adalah tidur yang cukup setiap hari sedikitnya 6 hingga 8 jam. Kondisi tubuh yang kurang istirahat atau sering begadang akan menyebabkan tekanan darah naik dan memicu terjadinya hipertensi.

6. Kurangi stres

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dengan alami yang keenam adalah mengurangi stres. Hormon stres mengerutkan dinding pembuluh darah dan menyebabkan kenaikan tekanan darah. Tak hanya itu, stres juga memicu kebiasaan tidak sehat yang mengancam kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Buah meredakan darah tinggi

Sejumlah buah-buahan memiliki manfaat meredakan penurun darah tinggi. Namun, hanya beberapa buah-buahan untuk meredakan darah tinggi yang bekerja secara alami dan paling cepat.

Buah-buahan untuk meredakan darah tinggi alami ini bukan untuk menggantikan obat dokter. Buah-buahan untuk meredakan darah tinggi ini hanya sebagai pelengkap untuk membantu pengobatan dokter.

Jika Anda sudah menderita darah tinggi atau hipertensi, obat dokter perlu Anda konsumsi rutin sesuai anjuran.

Baca Juga: Ciri-Ciri Asam Urat Di Usia Muda, Patuhi Larangan Makanan Asam Urat Ini

Dilansir dari Kompas.com, berikut beberapa buah-buahan untuk meredakan darah tinggi alami paling cepat:

1. Berry

Buah-buahan untuk meredakan darah tinggi alami paling cepat yang pertama adalah buah berry. Buah berry seperti blueberry, raspberry, chokeberry, cloudberry, dan stroberi telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk potensinya untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Buah berry adalah sumber antioksidan yang kaya, termasuk anthocyanin, yang merupakan pigmen yang memberi warna cerah pada buah berry. Anthocyanin telah terbukti meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah dan mengurangi produksi molekul pembatas pembuluh darah, yang dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah.

2. Pisang

Buah-buahan untuk meredakan darah tinggi alami paling cepat yang kedua adalah pisang. Dilansir dari Medical News Today, pisang mengandung potasium yang dapat membantu mengelola hipertensi. Satu pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram (mg) kalium.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika (AHA), potasium mengurangi efek natrium dan meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah. Office of Dietary Supplements menyarankan agar laki-laki berusaha untuk mengkonsumsi 3.400 mg potasium setiap hari dan perempuan sebanyak 2.600 mg.

3. Kakao (cokelat hitam)

Buah-buahan untuk meredakan darah tinggi alami paling cepat yang ketiga adalah kakao. Kakao adalah bahan dalam cokelat hitam yang mengandung flavonoid, antioksidan. Flavonoid dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurut AHA.

Namun, perlu dicatat bahwa seseorang mungkin tidak dapat mengonsumsi cukup flavonoid dalam cokelat hitam untuk mendapatkan manfaat yang signifikan. AHA mengatakan bahwa sedikit cokelat dari waktu ke waktu dapat menjadi bagian dari diet seimbang. Namun disarankan agar orang memakannya karena mereka menikmatinya, bukan karena alasan kesehatan.

4. Kiwi

Buah-buahan untuk meredakan darah tinggi alami paling cepat yang keempat adalah buah kiwi. Buah kiwi bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi Lihat Foto Buah kiwi bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Satu porsi kiwi setiap hari dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi ringan. Sebuah studi pada 2015 menjelaskan, orang yang makan 3 kiwi per hari selama 8 minggu mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik yang lebih signifikan daripada mereka yang makan 1 apel per hari selama periode yang sama.

Penulis penelitian mencatat bahwa ini mungkin karena zat bioaktif dalam kiwi. Selain itu, kiwi juga kaya akan vitamin C, di mana dijelaskan dalam studi lainnya bahwa orang yang mengonsumsi sekitar 500 mg vitamin C per hari selama sekitar 8 minggu mengalami peningkatan yang signifikan dalam pembacaan tekanan darah mereka.

Kiwi mudah ditambahkan ke makan siang atau smoothie. Satu cangkir kiwi, atau 2–3 buah kiwi, untuk 1 porsi.

5. Semangka

Buah-buahan untuk meredakan darah tinggi alami paling cepat yang kelima adalah semangka. Semangka mengandung asam amino yang disebut citrulline.

Tubuh mengubah citrulline menjadi arginine yang dapat membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong kelenturan di arteri. Efek ini bisa membantu aliran darah dan dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Dalam suatu penelitian, orang dewasa dengan obesitas dan ringan atau prehipertensi mengonsumsi ekstrak semangka yang mengandung 6 gram (g) L-citrulline/L-arginine. Setelah 6 minggu, para peserta melihat penurunan tekanan darah di pergelangan kaki dan arteri brakialis. Arteri brakialis adalah arteri utama di lengan atas.

6. Buah sitrus

Buah-buahan untuk meredakan darah tinggi alami paling cepat yang keenam adalah buah sitrus. Buah sitrus, termasuk lemon dan jeruk mengandung hesperidin, antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sebuah studi pada 2021, 159 orang mengonsumsi 500 ml jus jeruk yang diperkaya hesperidin selama 12 minggu.

Hasilnya menunjukkan bahwa mengonsumsi jus jeruk secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan hesperidin berkontribusi pada efek ini.

7. Ekstrak tomat

Buah-buahan untuk meredakan darah tinggi alami paling cepat yang ketujuh adalah tomat. Tomat mengandung lycopene, antioksidan yang dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Sebuah studi pada 2021 menemukan, mengonsumsi ekstrak tomat dapat menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan pada orang dengan atau tanpa hipertensi.

Namun, memasukkan tomat ke dalam makanan tidak memberikan hasil yang sama. Selain itu, penelitian lain juga telah menemukan bahwa likopen dosis tinggi mengurangi tekanan darah sistolik, sedangkan tingkat yang lebih rendah tidak.

Itulah angka normal tensi darah dan 7 buah-buahan untuk meredakan darah tinggi dengan alami. Rutinlah cek tekanan darah Anda untuk mencegah darah tinggi sejak dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru