9 Ciri-Ciri dari Makhluk Hidup yang Berbeda dengan Makhluk Tidak Hidup

Kamis, 13 Januari 2022 | 12:41 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
9 Ciri-Ciri dari Makhluk Hidup yang Berbeda dengan Makhluk Tidak Hidup

ILUSTRASI. Ciri-ciri makhluk hidup yang membedakan mereka dari makhluk tidak hidup atau benda mati. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah.


KONTAN.CO.ID - Makhluk hidup tentu memiliki ciri-ciri khas yang berbeda dari makhluk tidah hidup atau benda mati.. 

Makhluk hidup, seperti manusia, tumbuhan, dan hewan, jelas memiliki perbedaan yang mencolok dari benda mati seperti kursi atau sepatu. 

Ciri yang paling jelas dari makhluk hidup adalah dapat bergerak. Meskipun beberapa benda seperti mobil dan sepeda motor bisa bergerak, dua jenis kendaraan ini tidak masuk dalam pengelompokan makhluk hidup. 

Soalnya, kendaraan bermotor tidak memenuhi kriteria lain untuk masuk sebagai bagian dari makhluk hidup.

Setiap makhluk hidup yaitu manusia, hewan, dan tumbuhan juga memiliki ciri-ciri masing-masing yang membuat mereka unik. Mari simak daftar ciri-ciri makhluk hidup di bawah ini yang dirangkum dari sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id:

Bernapas

Setiap makhluk hidup pasti bernapas. Bernapas atau respirasi merupakan proses menghirup oksigen ke dalam tubuh dan mengeluarkan karbondioksida dari tubuh. 

Di dalam tubuh terjadi proses oksidasi biologi pada sel-sel tubuh yang membutuhkan oksigen. Proses ini adalah proses pembakaran zat makanan oleh oksigen yang menghasilkan energi dan karbondioksida. 

Energi dibutuhkan tubuh untuk beraktivitas, sedangkan karbondioksida merupakan zat sisa yang nantinya dikeluarkan tubuh. 

Makhluk hidup memiliki organ pernapasan yang berbeda. Organ pernapasan tersebut bisa paru-paru, insang, trakea, stomata, bahkan kulit makhluk hidup tersebut. 

Baca Juga: Dokumen yang Wajib Disiapkan saat Registrasi Akun LTMPT Siswa 2022

Zat makanan atau nutrisi

Membutuhkan zat makanan atau nutrisi menjadi ciri-ciri makhluk hidup selanjutnya. Nutrisi tersebut didapatkan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Karenanya, semua makhluk hidup akan selalu makan dan minum untuk kelangsungan hidup mereka. Zat makanan dimanfaatkan oleh tubuh untuk:

  • Menghasilkan energi/tenaga untuk melakukan aktivitas hidup.
  • Memelihara jaringan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak.
  • Mengatur berbagai proses metabolisme tubuh.
  • Sebagai pertahanan tubuh terhadap berbagai macam penyakit.

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang mampu menghasilkan zat makanan mereka sendiri melalui proses fotosintesis (autotrof). 

Namun tidak dengan hewan dan manusia yang merupakan makhluk hidup heterotrof. Artinya adalah hewan dan manusia tidak bisa menghasilkan zat makanannya sendiri dan mengambil dari sumber lain seperti tumbuhan dan hewan lainnya. 

Ciri-ciri ini tentu berbeda dengan makhluk tidak hidup atau benda mati yang tidak membutuhkan nutrisi apapun.

Bergerak

Makhluk hidup melakukan pergerakan namun gerakan tersebut tidak harus berpindah tempat. 

Gerak adalah perubahan posisi suatu makhluk hidup terhadap suatu acuan tertentu. Manusia, hewan, dan tumbuhan bisa bergerak pada sebagian atau seluruh bagian tubuhnya. 

Gerak yang dilakukan manusia dan hewan termasuk dalam gerak aktif karena dapa berpindah tempat. Sedangkan gerak tumbuhan adalah gerak pasif karena merupakan reaksi terhadap faktor lingkungan. 

Bereaksi terhadap rangsangan 

Ciri-ciri makhluk hidup selanjutnya adalah bereaksi terhadap rangsangan. Mereka mampu menerima dan menanggapi rangsangan berupa cahaya, sentuhan, bunyi, bau, dan rasa.

Contoh dari ciri makhluk hidup ini adalah saat kita tiba-tiba tersandung dan jatuh kemudian berteriak kesakitan. 

Baca Juga: PT. Pembangkit Jawa-Bali Buka Program Magang untuk Mahasiswa, Ini Syaratnya

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru