Apa Arti Tone Deaf di Media Sosial? Ini Pengertian dan Tanda pada Seseorang

Sabtu, 24 Agustus 2024 | 16:00 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Apa Arti Tone Deaf di Media Sosial? Ini Pengertian dan Tanda pada Seseorang

ILUSTRASI. Ilustrasi seseorang sulit menerima masalah sosial


CARI TAHU - JAKARTA. Ketahui arti Tone deaf yang muncul di media sosial. Istilah yang muncul di beberapa konteks sosial ini membuat penasaran pengguna sosmed.

Istilah ini biasanya digunakan untuk menyindir seseorang yang tidak peka terhadap sesuatu. Tone deaf merupakan istilah yang berkaitan dengan musik yang berkaitan dengan tuli akan nada. 

Namun, apa sebenarnya arti tone deaf dalam bahasa slang? Tone deaf adalah istilah yang digunakan sebagai ketidakmampuan seseorang mengikuti nada bahkan lagu dalam melodi yang sederhana. Tone deaf seringkali juga disebut sebagai amusia. 

Namun, istilah tone deaf kemudian meluas dan digunakan dalam konteks sosial terutama di media sosial. 

Baca Juga: Kenali Apa itu Toxic Positivity, Ciri-Ciri, dan Cara Menghadapi Situasi

Pengertian Tone Deaf

Telinga

"Tone deaf" dalam bahasa gaul artinya kurang peka terhadap perasaan orang lain. Seseorang yang "tone deaf" seringkali melontarkan pernyataan atau tindakan yang kurang tepat, terutama dalam situasi yang sensitif.

Istilah "tone deaf" ini pada individu yang kurang memiliki kesadaran sosial, sehingga seringkali gagal memahami nuansa sosial, sentimen publik, atau konteks situasi tertentu.

Misalnya, mereka bisa saja mengolok-olok orang lain yang sedang mengalami kesulitan atau membuat pernyataan yang menyakitkan tanpa sadar.

Akibatnya, seseorang cenderung membuat pernyataan atau tindakan yang tidak sensitif dan dapat menyinggung orang lain.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Open Marriage dalam Rumah Tangga, Fenomena Hubungan Masa Kini

Tanda tone deaf pada seseorang

Anda bisa mengenal seseorang di sekitar termasuk tone deaf, dilansir dari laman Center Consulting.

  1. Tidak peka terhadap perasaan orang lain: Seseorang mungkin tidak menyadari ketika seseorang merasa terganggu, tersinggung, atau sedih, dan mungkin melanjutkan perilaku yang tidak sesuai.
  2. Komunikasi yang canggung: Orang yang tone deaf sering kali mengatakan hal-hal yang tidak pantas atau keluar dari konteks dalam situasi sosial, tanpa menyadari dampak dari kata-kata mereka terhadap orang lain.
  3. Sulit membaca situasi: Seseorang yang tone deaf secara sosial mungkin tidak dapat membedakan kapan bercanda atau berbicara serius, atau mereka mungkin salah menafsirkan suasana hati atau isyarat non-verbal dari orang lain.
  4. Kurang empati: Mereka mungkin menunjukkan sedikit atau tidak ada rasa empati terhadap masalah atau perasaan orang lain, dan tidak berusaha untuk menyesuaikan perilaku mereka agar lebih peka.
  5. Tidak mampu memahami batas-batas sosial: Seseorang mungkin tidak mengenali batasan personal atau ruang pribadi orang lain, seperti melanggar jarak fisik yang nyaman atau terus membahas topik sensitif meskipun sudah diberi tahu.
  6. Kurangnya respons terhadap umpan balik sosial: Meskipun sudah diberi tahu atau ditegur, mereka mungkin tidak mengubah perilaku mereka atau tidak mengerti mengapa perilaku mereka dianggap salah.

Itulah beberapa penjelasan terkait pengertian dari tone deaf hingga tandanya yang muncul pada seseorang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru