Apa itu Dry Text dalam Bahasa Gaul? Ini Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghindari

Kamis, 21 Desember 2023 | 11:36 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Apa itu Dry Text dalam Bahasa Gaul? Ini Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghindari

ILUSTRASI. Pengertian Dry Text. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/06/01/09


CARI TAHU - JAKARTA. Ketahui apa itu Dry Text dalam bahasa gaul beserta penyebab dan cara menghindarinya. Kondisi percakapan dalam chat media sosial dengan seseorang tentu memiliki tafsir dari setiap kata yang berbeda.

Tentu hal ini menimbulkan beberapa artian yang bisa membuat pembaca atau penerima menjadi bingung dan kesal. Nah, ini adalah salah satu contoh Dry Text yang menimbulkan bersikap dingin tanpa benar-benar punya nyali untuk langsung menolaknya.

Dry Text bisa jadi merupakan hasil dari komunikator yang buruk, seseorang yang hampir tidak memiliki keterampilan sosial.

Dengan kirim Dry Text adalah hal yang mengesalkan banyak orang, dan jika Anda pelakunya, Anda mungkin menyadarinya.

Lalu apa itu Dry Text dalam bahasa gaul dan pengertiannya? Apa saja faktor penyebab dan tanda-tandanya yang bisa membuat komunikasi buruk? Simak informasi selengkapnya.

Baca Juga: Apa itu Cyberstalking? Ini Pengertian, Penyebab, Contoh, dan Pencegahan

Pengertian Dry Text

ilustrasi chat whatsapp

Melansir dari Cosmopolitan, pengertian Dry Text adalah percakapan atau komunikasi yang terjadi ketika seseorang memberi Anda balasan singkat dan tidak menarik dalam percakapan. Hal ini bisa juga sangat berulang dan membosankan pada momen tertentu.

Contoh dari orang yang berkirim dry text adalah orang yang selalu memulai percakapan dengan 'Hai' diikuti dengan 'Ada apa?'.

Untuk alasan yang jelas, jenis pesan seperti dapat melelahkan ketika seseorang yang Anda sukai tidak memberikan ide ke dalam percakapan. Sehingga, Anda mungkin merasakan tekanan untuk terus melanjutkan percakapan.

Beberapa orang lebih memilih tidak membalas pesansama sekali daripada membalas pesan dengan cara yang datar.

Baca Juga: ​Apa Itu Catcalling dan Contohnya? Ini Hukuman Pidana bagi Pelaku Catcalling

Penyebab Dry Text

Intip beberapa langkah untuk mengenal penyebab dari Dry Text pada percakapan chat Anda.

  • Anda selalu menghadapi kesulitan untuk mengungkapkan pemikiran atau perasaan Anda dalam pesan.
  • Teks prediksi secara otomatis menampilkan kata-kata singkat seperti "lol" atau "ok."
  • Respons terhadap pesan semakin jarang, mungkin menunjukkan bahwa pesan kurang menarik.
  • Ada pernyataan bahwa gaya pesan Anda perlu diperbaiki atau ditingkatkan.
  • Anda tidak menikmati percakapan melalui pesan teks, mungkin karena merasa kesulitan menyampaikan kepribadian dengan baik.
  • Seseorang lebih memilih menelepon daripada mengirim pesan teks, mungkin karena merasa lebih nyaman atau mendapatkan respons yang lebih baik melalui panggilan.

Untuk itu, Anda bisa mengikuti tips di bawah ini untuk menghindari kejadian seperti Dry Text.

Cara menghindari Dry Text

Simak beberapa cara menghindari Dry Text yang bisa Anda coba secara bertahap dilansir dari Love Panky.

1. Bacalah teks dengan benar

Salah satu alasan utama orang tidak membalas teks dengan baik adalah karena tidak meluangkan waktu untuk duduk dan membacanya dengan benar. Sehingga, Anda membaca teksnya dengan benar, dan jangan hanya memindainya dan segera mengirimkannya kembali ‘lol.’

2. Bayangkan orang sedang ucap, bukan membacanya

Saat Anda membaca teks, bayangkan orang tersebut mengucapkan kata-kata tersebut kepada Anda, bukan hanya membacanya di layar. Hal ini sering kali dapat menambah konteks, terutama jika Anda mengenal orang tersebut dengan baik, dan itu dapat membantu Anda menemukan sesuatu yang cerdas untuk dibalas.

Sekali lagi, hindari 'lol.' [Baca: Apakah Anda memahami dan mewujudkan 15 kualitas baik seseorang?]

3. Berikan waktu sejenak sebelum membalas

Jangan berasumsi bahwa Anda harus membalas dalam beberapa detik setelah menerima Dry Text. Tidak masalah untuk menunggu sebentar dan meluangkan waktu untuk memikirkan tanggapan Anda, terutama saat merasa tidak ada yang ingin dikatakan lagi.

Di sisi lain, jangan biarkan mereka menunggu terlalu lama; jika tidak, mereka akan lupa bahwa telah mengirimi Dry Text sejak awal.

4. Kirim pesan teks seperti berbicara

Bila benar-benar kesulitan dengan pesan teks yang kering, biasanya hal itu terjadi ketika seseorang berusaha terlalu keras.

Anda bisa mengirimkan pesan teks seperti saat berbicara saat sedang melakukan percakapan nyata dengan orang tersebut. Hal ini membuat kesan sentuhan pribadi dan membuat teks jauh lebih menarik untuk dibaca.

5. Jangan takut untuk berekspresi

Cap kepribadian Anda pada setiap chat yang dikirim, dan Anda akan terhindar dari Dry Text selamanya. Itu bisa berupa emoji yang disukai atau nama panggilan, atau bahkan mungkin slogan yang dimiliki.

Itulah sederet informasi terkait apa itu Dry Text beserta penyebab hingga cara menghindarinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru