Apa Itu Iklan Layanan Masyarakat? Ini Arti, Tujuan, Ciri-ciri, dan Contohnya

Senin, 17 Februari 2025 | 10:37 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Apa Itu Iklan Layanan Masyarakat? Ini Arti, Tujuan, Ciri-ciri, dan Contohnya

ILUSTRASI. JAKARTA,14/10-PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID. KONTAN/Fransiskus SImbolon


CARI TAHU - Simak pengertian Iklan layanan masyarakat, ciri-ciri, hingga tujuan penyiaran yang kerap beredar di berbagai platform online dan offline. Iklan pada umumnya memiliki pesan untuk menarik perhatian yang melihatnya.

Sehingga, banyak jenis iklan yang berbedar saat ini termasuk iklan layanan masyarakat. Iklan Layanan Masyarakat (ILM) merupakan bentuk komunikasi massa yang berisi pesan atau informasi yang bertujuan memberikan edukasi atau kesadaran kepada masyarakat.

Pada dasarnya, iklan yang muncul terkait isu-isu sosial, kesehatan, lingkungan, atau nilai moral tertentu.

Iklan layanan masyarakat umumnya tidak bersifat komersial dan sering dibuat oleh pemerintah, lembaga non-profit, atau organisasi sosial.

Baca Juga: Apa Arti Mania terkait Kesehatan Jiwa? Ini Ciri-ciri hingga Cara Menanganinya

Arti Iklan Layanan Masyarakat

IMBAUAN PENANGANAN COVID-19

Menurut Kamus Istilah Periklanan Indonesia oleh Nuradi, ILM adalah jenis periklanan yang dilakukan oleh pemerintah, suatu organisasi komersial atau pun nonkomersial untuk mencapai tujuan sosial atau sosio-ekonomis terutama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam UU No.32 tahun 2002 tentang penyiaran bab I pasal 1 (7) disebutkan bahwa ILM adalah siaran iklan nonkomersial yang disiarkan melalui penyiaran radio atau televisi dengan tujuan memperkenalkan, memasyarakatkan, dan/atau mempromosikan cita-cita, anjuran, dan/atau pesan-pesan kepada masyarakat untuk mempengaruhi khalayak agar berbuat dan/atau bertingkah laku sesuai dengan pesan iklan tersebut. 

Sehingga, tujuan dari jenis ILM berbeda dengan iklan komersial dari perusahaan tertentu.

Baca Juga: Apa Arti Breadwinner dalam Keluarga? Ini Makna, Peran, dan Tips Menerapkannya

Ciri-Ciri Iklan Layanan Masyarakat

Ada beberapa ciri-ciri dari iklan layanan masyarakat

  • Informasi Non-Komersial: Bertujuan memberikan edukasi atau sosialisasi, bukan mempromosikan produk.
  • Kepentingan Umum: Pesan yang disampaikan berfokus pada isu-isu yang berdampak luas bagi masyarakat.
  • Bahasa Persuasif: Menggunakan bahasa yang mengajak atau membujuk masyarakat untuk bertindak atau berubah ke arah yang lebih baik.
  • Visual dan Audio Menarik: Dikemas dalam format yang mudah dipahami dan menarik perhatian.
  • Singkat dan Padat: Menyampaikan pesan dengan jelas dalam waktu yang singkat.
  • Ada Logo atau Nama Instansi: Nah, biasanya menyebutkan nama instansi atau organisasi pembuat iklan atau yang bertanggung jawab terhadap isu tertentu.

Baca Juga: Penulisan Konkret atau Konkrit yang Benar Menurut KBBI, Arti, hingga Penggunaan

Tujuan Iklan Layanan Masyarakat

Dalam penyiaran iklan layanan masyarakat, tentu ada tujuan dari organsiasi atau lembaga tertentu.

  • Meningkatkan Kesadaran: Menyadarkan masyarakat terhadap isu-isu penting, seperti kesehatan, kebersihan, atau keselamatan.
  • Mengubah Perilaku: Mengajak masyarakat untuk berperilaku positif, misalnya tidak merokok, hemat energi, atau tertib berlalu lintas.
  • Memberikan Edukasi: Memberikan informasi yang bermanfaat agar masyarakat lebih memahami suatu isu atau aturan.
  • Mendorong Solidaritas Sosial: Memperkuat rasa kebersamaan dan kepedulian antar anggota masyarakat.

Baca Juga: Apa Itu Stoikisme? Ini Arti, Sejarah, Perkembangan, dan Cara Menerapkan dan Kehidupan

Contoh Produksi Iklan Layanan Masyarakat

1. Keselamatan Berlalu Lintas:

Video atau poster yang mengingatkan pentingnya memakai helm atau sabuk pengaman.

2. Kesehatan:

Kampanye cuci tangan pakai sabun untuk mencegah penyebaran penyakit.

3. Lingkungan:

Kampanye hemat energi dan pengurangan sampah plastik.

4. Pencegahan Rokok dan Narkoba:

Iklan yang memperingatkan bahaya rokok atau penyalahgunaan narkoba.

5. Donor Darah:

Kampanye yang mengajak masyarakat untuk menjadi donor darah sukarela.

Produksi ILM biasanya berupa video pendek, poster digital, infografis, atau iklan audio yang diputar di media massa dan media sosial. Sehingga, masyarakat bisa tertarik dengan pesan yang mudah diterapkan untuk mencapai cita-cita tersebut.

Itulah penjelasan terkait apa itu iklan layanan masyarakat, arti, tujuan, dan ciri-cirinya agar mudah diperkenalkan ke khalayak umum.

Tonton: Jokowi Sebut Tidak Ada Masyarakat Yang Berani Kritik Prabowo, Dirinya Jadi Tumbal

Selanjutnya: Cara Akses Halo BCA lewat WhatsApp dan Call Center Terbaru

Menarik Dibaca: Pilih Trading atau Investasi? Berikut Strategi Kripto yang Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti
Terbaru