CLOSE [X]

Apa Itu Manajemen Isu? Ini Pengertian Menurut Para Ahli dan Contoh Kasusnya

Senin, 13 November 2023 | 14:42 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu Manajemen Isu? Ini Pengertian Menurut Para Ahli dan Contoh Kasusnya


Apa Itu Manajemen Isu - Manajemen isu adalah salah satu hal yang perlu dipelajari praktisi PR atau Public Relations. Ada beberapa definisi manajemen isu. 

Namun, para pakar PR di Indonesia mengartikan manajemen isu adalah fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap masyarakat, baik internal maupun eksternal, mengidentifikasi hal-hal atau masalah yang patut dikhawatirkan dan melakukan usaha-usaha ke arah perbaikan. 

Tetapi, sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai manajemen isu perlu dipahami apa itu isu. 

Lantas, apa itu manajemen isu dan contoh kasus manajemen isu? 

Baca Juga: Layak Ditiru, Berhasil Memacu Untung Tanpa Lingkungan Menjadi Buntung

Apa itu isu dan manajemen isu? 

Isu adalah kesenjangan antara aktivitas perusahaan dengan kepentingan atau harapan publik. Manajemen isu adalah proses menutup kesenjangan ini. 

Isu yang diabaikan bisa berkembang menjadi krisis dan membawa konsekuensi bagi reputasi Perusahaan.

Sementara itu, manajemen isu adalah instrumen yang dapat digunakan perusahaan untuk mengidentifikasi, menganalisis, mengelola isu yang muncul dan respon terhadap isu sebelum terjadi.

Baca Juga: Tingkatkan Kepercayaan Publik, OJK Luncurkan Roadmap Perasuransian 2023-2027

Definisi manajemen isu menurut para ahli

Sementara itu, beberapa defisini manajemen isu menurut para ahli seperti dirangkum dari buku "Manajemen Isu & Krisis" (2016) antara lain:

  • Manajemen isu meliputi identifikasi isu, analisis isu, menentukan prioritas, menyeleksi strategi program, mengimplementasikan program aksi dan komunikasi dan mengevaluasi keefektifan (W. Howard Chase pada 1976; dalam Cutlip et al. 2000:17). 
  • Manajemen isu adalah sebuah program yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan pengetahuan terhadap proses kebijakan publik dan meningkatkan keefektifan dan kebaruan dari keterlibatan manajemen isu. (US Public Affairs Council pada tahun 1978; dalam Regester dan Larkin, 2000:37)
  • Manajemen isu adalah identifikasi isu-isu utama yang bertentangan dengan perusahaan dan manajemen respon perusahaan terhadap isu-isu tersebut. Proses ini meliputi identifikasi awal kontroversi potensial, perkembangan kebijakan perusahaan yang berhubungan dengan isu-isu tersebut, penciptaan program untuk menjalankan kebijakan, implementasi program-program tersebut, berkomunikasi dengan publik yang tepat mengenai kebijakan dan program, dan evaluasi dari hasil
  • (Baskin dan Aronof, 1992:46).
  • Manajemen isu adalah proses manajemen dimana tujuannya adalah membantu mempertahankan pasar, mengurangi resiko, menciptakan peluang dan mengelola citra sebagai aset perusahaan untuk kemanfaatan perusahaan dan stakeholder utama. Hal ini dicapai dengan cara: antisipasi, meneliti dan memprioritaskan isu; menilai dampak isu terhadap perusahaan; merekomendasikan kebijakan dan strategi untuk meminimalisasi resiko dan memperbesar peluang, mengimplementasikan strategi; mengevaluasi dampak program (Tucker dan Broom dalam Public Relations Journal, November 1993:38-40).

Baca Juga: 8 Cara Menjadi Role Model yang Baik untuk Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Contoh kasus manajemen isu

Salah satu contoh kasus manajemen isu adalah yang dilakukan oleh PT PTPN VII (Persero) kepada masyarakat di sekitar lingkungan operasinya. Dikutip dari laman Perpustakaan UGM, masyarakat di sekitar lingkungan operasi PTPN VII merasa belum sejahtera dan beranggapan bahwa PTPN VII (Persero) belum memberikan kontribusi yang memadai bagi masyarakat. 

Padahal selama ini PTPN VII (Persero) telah memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat. Namun bantuan tersebut ternyata belum mampu memenuhi keinginan masyarakat. 

Ketidaksesuaian inilah yang mengakibatkan isu kesejahteraan sosial berkembang di masyarakat.Ternyata isu kesejahteraan sosial telah menimbulkan dampak yang buruk bagi perusahaan, yaitu adanya kasus-kasus pencurian yang merugikan perusahaan. 

Baca Juga: P&G Indonesia Bagi Rekomendasi Dukung Kesehatan Mental

Untuk menangani hal itu, pihak PTPN VII melakukan sejumlah strategi manajemen isu untuk mengelola isu kesejahteraan sosial masyarakat. PTPN VII (Persero) menerapkan manajemen isu dengan menggunakan strategi kehumasan aksi dan komunikasi terhadap masyarakat, media, dan juga stakeholder lainnya. 

Strategi ini dilakukan untuk meredam isu kesejahteraan sosial yang berkembang dan sangat berpengaruh terhadap menurunnya kasus pencurian di wilayah perkebunan. 

Demikian penjelasan mengenai apa itu manajemen isu dan contoh kasus manajemen isu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru