Apa itu Wakanda? Negeri Fiktif Black Panther yang Menjadi Bahasa Gaul Internet

Rabu, 13 Desember 2023 | 13:30 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Apa itu Wakanda? Negeri Fiktif Black Panther yang Menjadi Bahasa Gaul Internet

ILUSTRASI. Apa Arti Wakanda? Negeri Fiktif Black Panther yang Menjadi Bahasa Gaul Internet


Mengenal Wakanda - JAKARTA. Kenali apa arti dan makna Wakanda yang dipakai sebagai bahasa gaul di media sosial. Salah satu film sukses milik Marvels, Black Panther memiliki latar belakang tempat di sebuah wilayah yang apik bernama Wakanda.

Kata "Wakanda" sering digunakan sebagai simbol atau representasi dari suatu hal yang ideal, maju, dan makmur. Sehingga, ini dipengaruhi oleh film "Black Panther" yang dirilis pada tahun 2018.

Film tersebut menampilkan Wakanda sebagai sebuah negara fiksi di Afrika yang kaya akan sumber daya alam dan teknologi. Wakanda juga memiliki sistem pemerintahan yang demokratis dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

Dalam konteks Indonesia, kata "Wakanda" sering digunakan untuk mengkritik kondisi negara yang dianggap belum ideal.

Baca Juga: Slang Let Him Cook Jadi Sorotan: Asal Usul, Arti Kata, dan Penggunaan

Misalnya, kata "Wakanda" dapat digunakan untuk menggambarkan kondisi ekonomi Indonesia yang belum merata, atau kondisi demokrasi Indonesia yang belum sepenuhnya bebas.

Kata "Wakanda" juga dapat digunakan untuk menggambarkan impian atau harapan masyarakat Indonesia akan masa depan yang lebih baik.

Karya Marvels ini telah menunjukkan bahwa orang-orang dari ras atau etnis apa pun dapat mencapai kesuksesan dan menciptakan dunia yang lebih baik.

Alasan Wakanda jadi Simbol Negara Ideal

Black Panther: Wakanda Forever

Terdapat 3 alasan Wakanda menjadi representasi negara yang ideal menurut serial Marvels.

1. Warisan yang Kaya

Seperti negara-negara tetangganya di Afrika, Wakanda memiliki sejarah luar biasa yang membentang ribuan tahun. Namun, tidak seperti yang lain, Wakanda telah menjadi negara yang menonjol di antara negara-negara lain di dunia. Banyak faktor yang berkontribusi terhadap hal ini, termasuk orang-orang dan warisannya, tetapi juga kisah-kisah perselisihan dan perjuangannya.

2. Teknologi Canggih

Wakanda adalah salah satu negara paling maju secara teknologi di Bumi. Tanah suburnya merupakan tempat berkembangnya lompatan besar dalam pencapaian manusia dengan pikiran dan tangannya. Teknologi komputer menjadi sumber kebanggaan terbesar bangsa, dan orang Wakanda saat ini hidup dalam dunia yang seimbang sempurna antara mesin dan alam.

3. Kegigihan yang Tidak Tergoyahkan

Mungkin aspek terbesar dari semuanya terletak pada semangat pantang menyerah rakyat Wakanda. Digempur oleh penjajah dan tiran yang tak terhitung jumlahnya, seperti Ulysses Klaw, Skrull, Namor the Sub-Mariner, dan dewa gila Thanos beserta Black Order-nya, negara ini tidak pernah menyerah di bawah tekanan kekuatan jahat yang luar biasa.

Dalam serial Marvels, Black Panther memimpin Wakanda dan sumber daya untuk melindungi dan tidak akan pernah menyerah.

Baca Juga: Apa Arti Kata Ordal dalam Bahasa Gaul? Ini Pengertian dan Kaitannya dengan Nepotisme

Wakanda di Dunia Nyata

Akuarium terbesar di dunia - Georgia Aquarium

Di dunia, kata "Wakanda" juga sering digunakan sebagai simbol atau representasi dari suatu hal yang ideal. Hal ini karena Wakanda sering digambarkan sebagai negara yang bebas dari rasisme dan diskriminasi. Wakanda juga merupakan negara yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, seperti kesetaraan, keadilan, dan perdamaian.

Film "Black Panther" telah berhasil membuat Wakanda menjadi terkenal di seluruh dunia. Film tersebut telah menginspirasi banyak orang, termasuk orangorang Afrika-Amerika dan orang-orang dari seluruh dunia yang memiliki latar belakang etnis minoritas.

Meskipun Wakanda yang sesungguhnya adalah dunia fiksi ilmiah, ada beberapa destinasi global yang memiliki keindahan dan keajaiban serupa. Berikut adalah daftar kota di seluruh dunia yang memberikan nuansa Wakanda yang nyata dilansir dari Ebony.

1. Accra, Ghana

Dari kampanye Year of Return 2019, kota ini menjadi salah satu tujuan wisata Afrika yang paling dicari oleh para pelancong diaspora. Adapun, waktu terbaik untuk berkunjung adalah di akhir Desember hingga Februari karena saat itulah negara ini dipenuhi dengan perayaan, termasuk acara musik tahunan Afrochella.

2. Atlanta, Georgia

Jika ada kota A.S. yang bisa disebut Wakanda, tentunya itu adalah ATL. Dari ribuan penduduk kulit hitamnya yang cantik dan fakta keseluruhan bahwa orang kulit hitam di kota ini selalu membuat gerakan yang kuat, hingga cakrawala Atlanta yang terus berkembang dan berkembang ada sesuatu tentang kota negara bagian Georgia yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Selain itu, banyak adegan film yang diambil di panggung suara di Georgia.

3. Lagos, Nigeria

Sebagai kota terpadat kedua di Afrika, Lagos kini telah memantapkan dirinya sebagai 'kota boom' di benua ini. Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan rintisan teknologi yang mulai menjadikan kota ini sebagai rumah, Lagos dianggap sebagai Silicon Valley baru.

Fenomena ledakan inovasi yang terjadi di Lagos karena perusahaan modal ventura besar, terutama dari Amerika Serikat dan China, berinvestasi di kota tersebut.

Kesimpulan

Dengan merebaknya penggunaan kata "Wakanda" di Indonesia dan di dunia secara umum, ini menjadi simbol atau representasi dari suatu hal yang ideal, maju, dan makmur.

Sayangnya, masyarakat di Indonesia menggunakan kata "Wakanda" untuk mengkritik kondisi negara yang dianggap belum ideal.

Demikian informasi terkait makna kata Wakanda dan fenomena slang di Indonesia yang bisa diketahui oleh masyarakat luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru