Arti Bunga Matahari di Berbagai Kebudayaan untuk Pasangan, Mitos, dan Sejarahnya

Kamis, 20 Januari 2022 | 15:28 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Arti Bunga Matahari di Berbagai Kebudayaan untuk Pasangan, Mitos, dan Sejarahnya

ILUSTRASI. Arti bunga matahari. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah.


TANAMAN HIAS - Selain indah, bunga matahari juga memiliki beragam makna bagi sejumlah kebudayaan di dunia. Arti bunga matahari pun berbeda-beda di setiap kebudayaan. 

Misalnya, di China, arti bunga matahari yakni melambangkan keberuntungan sekaligus vitalitas dan kebahagiaan abadi. Dikutip dari laman Interflora, itulah alasan bunga matahari sering diberikan saat kelulusan dan pada awal bisnis baru. 

Sementara arti bunga matahari bagi penduduk asli Amerika adalah melambangkan panen yang baik dan keberuntungan. Tetapi biasanya bunga matahari melambangkan harapan, kebahagiaan, energi, keindahan, dan kegembiraan. 

Sedangkan dalam kepercayaan Kristen Kuno, Bunga Matahari diyakini sebagai cerminan kasih Tuhan yang besar kepada umat-Nya. 

Dikutip dari laman Little Flower Hut, arti bunga matahari juga melambangkan umur panjang karena bunga matahari dapat menahan panasnya Matahari. Selain itu, masih ada pula arti bunga matahari untuk pasangan. 

Baca Juga: Kenali 5 Kebutuhan Vitamin dan Mineral yang Bagus untuk Rambut

Arti bunga matahari untuk pasangan 

Ilustrasi arti bunga matahari

Arti bunga matahari untuk pasangan yakni kesetiaan, kekaguman, sikap positif, dan kekuatan. Selain itu, ada mitos mengenai kisah percintaan dibalik munculnya bunga matahari. 

Orang Yunani kuno percaya bahwa bunga matahari menghadap matahari karena pemujaan nimfa cantik bernama Clytie terhadap Apollo, Dewa Matahari. Awalnya, Apollo juga mencintai Clytie. 

Namun, dia berpaling ke nimfa lainnya. Dalam kemarahan dan rasa cemburunya, Clytie melaporkan nimfa lain yang dicintai Apollo ke ayahnya dan sebagai hukuman ayahnya mengubur nimfa tersebut hidup-hidup. 

Apollo yang marah akhirnya mengubah Clytie menjadi bunga matahari. Tetapi, cinta Clytie pada Apollo begitu kuat membuatnya selalu melihat dan bergerak ke arah Matahari. Sama seperti bunga matahari mengikuti matahari.

Perlu diketahui bahwa nama ilmiah bunga matahari adalah Helianthus. Arti nama bunga matahari berasal dari kata Yunani "helios", yang berarti matahari, dan "anthus", yang berarti bunga. Sehingga disebutlah bunga matahari. 

Baca Juga: Tren Dekorasi Ruang Keluarga di Tahun 2022, Mau Mencobanya?

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru