Baik untuk kesehatan tubuh, inilah 4 manfaat saffron

Senin, 19 Juli 2021 | 08:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Baik untuk kesehatan tubuh, inilah 4 manfaat saffron

ILUSTRASI. Berbagai macam manfaat saffron bisa Anda dapat jika mengonsumsinya secara rutin.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada berbagai macam manfaat saffron yang bisa Anda dapatkan. Cara mengonsumsinya pun cukup mudah. Anda bisa mencampurnya dengan makanan sehari-hari atau mengkombinasikannya dengan susu atau kopi yang Anda konsumsi.

Perlu diketahui bahwa saffron memiliki harga yang jual yang relatif mahal. Alasannya karena cara memanen saffron yang cukup sulit. Jenis rempah itu perlu dipanen menggunakan tangan kemudian dijual dalam keadaan kering atau dalam bentuk bubuk.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan saffron, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter, ya. Tujuannya supaya Anda bisa mendapat dosis penggunaan yang tepat. Dengan begitu, manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat secara maksimal.

Mengatasi Depresi

Mengutip dari Insider (insider.com), saffron dapat dimanfaatkan untuk mengatasi depresi. Menurut sebuah penelitian, kandungan-kandungan dalam saffron efektif meningkatkan serotonin. Dengan pemakaian rutin, depresi dapat berkurang dan mood atau perasaa Anda dapat membaik.

Baca Juga: 4 Efek samping saffron ini perlu Anda waspadai, apa saja?

Melawan Kanker

Salah satu manfaat saffron adalah melawan kanker.

Manfaat saffron berikutnya adalah melawan pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh. Kemampuan itu berasal dari karotenoid, salah satu antioksdian yang terdapat dalam saffron. Tidak berhenti sampai di situ, saffron juga mampu meringankan efek kemoterapi.

Menurunkan Kolesterol

Melansir Insider, jumlah kolesterol dalam tubuh dapat berkurang saat Anda mengonsumsi saffron secara rutin. Saat jumlah kolesterol berkurang, aliran darah menjadi lebih lancar sehingga tekanan darah menjadi lebih stabil.

Nah, hal itulah yang membuat konsumsi saffron baik untuk kesehatan jantung. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk benar-benar membuktikan manfaat tersebut. Jika Anda ingin mendapat manfaat itu, tak ada salahnya untuk membicarakannya dulu dengan dokter.

Baca Juga: Bisa Anda Alami, Waspada Ini 5 Efek Samping Minyak Zaitun

Menjaga Kesehatan Reproduksi

Jika Anda memiliki masalah pada sistem reproduksi, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi saffron. Menurut sebuah penelitian PMS yang dialami wanita berkurang setelah rutin mengonsumsi 30 mg saffron per hari. Tentu saja jumlah itu perlu Anda konsultasikan dulu dengan dokter, ya.

Saffron juga bisa mengatasi masalah disfungsi ereksi. Hasil penelitian kecil di 2009 menunjukkan bahwa mengonsumsi jenis rempah itu mampu meningkatkan jumlah dan durasi ereksi. Para partisipan dalam penelitian itu mengonsumsi 200 mg saffron per hari.

Selanjutnya: 4 Efek Samping Penggunaan Saffron, Perlu Moms Waspadai

Editor: Belladina Biananda
Terbaru