Berikut gejala meningitis yang bisa muncul mengacu penyebab infeksinya

Senin, 15 Maret 2021 | 21:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Berikut gejala meningitis yang bisa muncul mengacu penyebab infeksinya

KONTAN.CO.ID - Meningitis adalah infeksi pada cairan dan selaput otak yang menyebabkan peradangan. Anda perlu mewaspadai gejala meningitis yang Anda rasakan supaya bisa mendapat perawatan yang cepat dan tepat.

Umumnya, meningitis disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Namun, tidak menutup kemungkinan faktor lain juga bisa jadi penyebabnya. Mulai dari pertumbuhan sel kanker, alergi obat, infeksi jamur, hingga iritasi terhadap bahan kimia tertentu.

Mengutip dari Healthline, penderita meningitis yang terinfeksi oleh virus dan bakteri bisa menularkannya ke orang lain. Maka dari itu, penderita meningitis perlu mewaspadai gejalanya supaya tidak menularkan penyakit ke orang lain.

Infeksi virus

Virus jadi salah satu penyebab utama seseorang mengalami meningitis. Pada bayi, gejala meningitis yang muncul adalah demam, sulit tidur, dan kehilangan nafsu makan.

Sedangkan untuk orang dewasa, infeksi virus ditunjukkan dengan beberapa hal. Mulai dari sakit kepala, demam, leher kaku, mual, muntah, hingga nafsu makan yang menurun.

Biasanya, virus menyebar saat Anda melakukan kontak langsung dengan penderita meningitis. Misalnya, Anda terkena percikan air liur yang dikeluarkan penderita meningitis saat bersin, berbicara, atau batuk.

Baca Juga: Tak hanya vaksin corona, orang dewasa juga butuh empat jenis vaksin ini

Infeksi bakteri

Healthline mengatakan, meningitis yang disebabkan oleh infeksi bakteri menunjukkan gejala yang tiba-tiba. Beberapa di antaranya adalah mual, muntah, sakit kepala, demam, dan leher kaku.

Jika Anda mengalami gejala itu, segera periksakan diri ke dokter, ya. Jika telat diatasi, kondisi kesehatan Anda akan semakin parah. Bahkan, nyawa Anda bisa terancam.

Nantinya, dokter akan melakukan beberapa jenis pemeriksaan untuk menentukan perawatan seperti apa yang tepat sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: Anda mengalami sakit leher? Ini penyebab dan cara mencegahnya

Infeksi jamur

Selain virus dan bakteri, jamur juga bisa menyebabkan seseorang menderita meningitis. Beberapa gejala meningitis yang bisa Anda alami akibat infeksi jamur adalah mual, muntah, demam, sakit kepala, dan sensitif terhadap cahaya.

Namun, karena gejala tersebut bisa jadi ciri-ciri tubuh terserang penyakit yang lain, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda tak semakin parah dan bisa sembuh secara efektif.

Sesuai dengan gejala dan penyebab meningitis yang Anda alami, dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai. Misalnya, Anda memerlukan antibiotik jika meningitis disebabkan oleh infeksi bakteri. Begitu pula dengan penyebab yang lain.

Selanjutnya: 4 Penyebab radang selaput otak ini wajib Anda waspadai

Editor: Belladina Biananda
Terbaru