​Biografi Singkat Moh. Hatta, Proklamator Kemerdekaan RI

Kamis, 19 Mei 2022 | 15:18 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Biografi Singkat Moh. Hatta, Proklamator Kemerdekaan RI

ILUSTRASI. Biografi singkat Moh. Hatta.


KONTAN.CO.ID - Biografi Moh. Hatta secara singkat akan dijelaskan dalam artikel ini, mencakup latar belakang keluarga, pendidikan, organisasi, dan pergerakan politiknya. Drs. H. Mohammad Hatta disebut juga Bung Hatta, lahir di Bukittinggi 12 Agustus 1902.

Dirangkum dari laman resmi Perpustakaan Nasional dan Arsip Nasional, nama yang diberikan oleh orangtuanya ketika dilahirkan adalah Muhammad Athar. Hatta adalah pejuang, negarawan, dan juga Wakil Presiden Indonesia yang pertama. 

Hatta juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia.

Baca Juga: Hari Pahlawan 2021, ini sederet pesan perjuangan Pahlawan Nasional

Latar belakang dan pendidikan Moh. Hatta 

Biografi Moh. Hatta diawali dengan latar belakang keluarga dan pendidikannya. Hatta lahir dari keluarga ulama Minangkabau, Sumatra Barat. 

Hatta menempuh pendidikan dasar di Sekolah Melayu, Bukittinggi. Kemudian pada tahun 1913-1916 melanjutkan studinya ke Europeesche Lagere School (ELS) di Padang. 

Saat usia 13 tahun, sebenarnya beliau telah lulus ujian masuk ke HBS (setingkat SMA) di Batavia (kini Jakarta). Namun, ibunya menginginkan Hatta agar tetap di Padang lantaran usianya yang masih sangat muda. 

Baca Juga: Hari Pahlawan, ini nama pahlawan nasional yang dijadikan nama jalan di luar negeri

Akhirnya Hatta melanjutkan studi ke MULO di Padang. Lalu, pada 1919 Hatta pergi ke Batavia untuk studi di Sekolah Tinggi Dagang Prins Hendrik School, Batavia. Di sini, Hatta mulai aktif menulis. Karangannya dimuat dalam majalah Jong Sumatera. 

Setelah menyelesaikan studinya dengan hasil sangat memuaskan, pada 1921 Hatta pergi ke Rotterdam, Belanda untuk belajar ilmu perdagangan/bisnis di Nederland Handelshogeschool (bahasa inggris: Rotterdam School of Commerce, kini menjadi Erasmus Universiteit).

Di Belanda, Hatta tinggal selama 11 tahun. Pada 27 November 1956, Bung Hatta memperoleh gelar kehormatan akademis yaitu Doctor Honoris Causa dalam Ilmu Hukum dari Universitas Gadjah Mada di Yoyakarta. Pidato pengukuhannya berjudul "Lampau dan Datang".

Baca Juga: Pesan Mendikbud Nadiem Makarim: Mohon kembali ke Indonesia, negara butuh Anda

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru