Bukan Cuma Ibu, Ini Pentingnya Peran Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak

Selasa, 06 September 2022 | 16:06 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bukan Cuma Ibu, Ini Pentingnya Peran Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak

ILUSTRASI. Bukan Cuma Ibu, Ini Pentingnya Peran Ayah dalam Tumbuh Kembang Anak.


PARENTING - Baik ayah maupun ibu memiliki peran yang sama pentingnya dalam kehidupan buah hati. Karenanya sebagai calon ayah, laki-laki perlu paham apa saja peran dari seorang ayah. 

Mungkin Anda masih belum memahami apa saja peran ayah dalam keluarga terutama dalam tumbuh kembang buah hati. 

Direktorat PAUD Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Instagram resminya memberikan informasi tentang peran ayah dalam keluarga. 

Mari simak 5 peran penting ayah dalam pengasuhan dan tumbuh kembang anak dari Instagram Direktorat PAUD berikut: 

Baca Juga: HPM Buka Kembali Lowongan Kerja 2022, Ini Posisi yang Ditawarkan

Membimbing untuk memecahkan masalah

Banyak anak yang merasakan jarak emosi dengan sang ayah, padahal seharusnya tidak. Saat bersama ayah, diharapkan pemecahan masalah bukan lagi sekedar soal teknis saja. 

Pemecahan masalah dengan ayah juga perlu diisi dengan kasih sayang kepada buah hati. Mungkin di mata Anda masalah seperti memompa ban atau memperbaiki tangan mainan merupakan masalah sepele.

Namun hal tersebut tidak bagi buah hati Anda. Masalah sepele jika dilihat dari sudut pandang anak menjadi masalah yang cukup rumit dikerjakan.

Disinilah peran ayah sebagai pemecah masalah dibutuhkan, namun juga sebagai media untuk mencurahkan kasih sayang. 

Teman bermain buah hati

Tidak sedikit ayah yang merasa enggan dan mengalihkan peran sebagai teman bermain kepada ibu. Padahal peran ayah sebagai teman bermain bisa melatih berbagai aspek anak salah satunya aspek fisik. 

Ayah biasanya memiliki fisik yang lebih kuat dan kokoh jika dibandingkan ibu, sehingga permainan yang dilakukan bisa lebih beragam.

Anda bisa mengajak buah hati bermain kejar-kejaran hingga bermain bola bersama buah hati. Permainan fisik tersebut bagus untuk membangun otot dan koordinasi fisik anak. 

Baca Juga: Warga Jakarta Segera Daftar, Ini Syarat dan Cara Daftar DTKS Tahap 3 Tahun 2022

Pemandu prinsip

Baik ayah maupun ibu memiliki peran yang besar dalam memandu prinsip pada anak. Ayah dapat mengajarkan anak tentang perilaku yang sesuai dan diharapkan secara sosial. 

Dengan peran ayah, anak dapat terbantu dalam membedakan antara benar dan salah, serta membantu anak mengalami dan memahami konsekuensi atas perilaku mereka sendiri. 

Peran tersebut dapat membantu mempertahankan "otoritas" ayah dalam keluarga namun juga bermakna bisa menggunakannya dengan efektif.

Ayah sebagai penyedia

Biasanya ayah secara alami menjadi sumber penyedia keperluan utama keluarga karena dia yang bekerja dan menghasilkan uang. 

Ayah menyediakan tempat tinggal, makanan, uang, hingga pakaian untuk keluarganya. Selain dalam bentuk materi, ayah juga berperan dalam penyedia pengasuhan anak. 

Dalam hal ini ayah perlu paham jika tidak hanya kebutuhan materi saja yang penting dipenuhi tetapi juga menyediakan bimbingan, bermain dengan anak, hingga terlibat langsung dalam kegiatan sekolah anak. 

Dengan memahami peran dalam pengasuhan anak, ayah dapat dengan mudah memahami dan terlibat dalam penyediaan pengasuhan anak di masyarakat. 

Menyiapkan anak

Ada berbagai macam peran ayah dalam keluarga terutama dalam pengasuhan anak. Salah satunya adalah peran sebagai penyiap untuk anak. 

Suatu saat nanti anak akan menghadapi kehidupan bermasyarakat. Peran ayah adalah menyiapkan mereka agar dapat bersikap dan bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan secara sosial. 

Anda bisa mulai mengajak buah hati berdiskusi tentang nilai-nilai moral keluarga. Semakin dini anak diberikan pembelajaran tentang moral dan tata krama, mereka akan semakin siap menghadapi masyarakat umum. 

Keteladanan yang ayah berikan bisa menjadi inspirasi bagi anak ketika mereka sudah dewasa kelak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru