Catat, inilah penyebab bau mulut

Jumat, 05 Februari 2021 | 17:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, inilah penyebab bau mulut


KESEHATAN - JAKARTA. Setiap orang pasti pernah mengalami bau mulut yang tidak sedap atau halitosis. Apalagi setelah mengonsumsi makanan dengan bau yang menyengat, seperti bawang putih. Selain mengonsumsi jenis makanan tertentu, masih banyak penyebab bau mulut lain yang perlu Anda ketahui.

Penyebab utama masalah bau mulut adalah penumpukan bakteri dan sisa makanan yang tidak dibersihkan secara menyeluruh. Mengutip dari Johnson & Johnson (jnj.com), hal tersebut menyebabkan meningkatnya produksi volatile sulfur compound atau VCS.

VCS itulah yang menyebabkan bau mulut Anda menjadi tidak sedap. Meningkatnya produksi VCS juga bisa disebabkan oleh plak yang ada di gigi, kondisi mulut yang kering, dan beberapa kondisi medis tertentu.

Plak di Gigi

Plak adalah lapisan bakteri yang terbentuk secara alami di sekitar gigi dan gusi. Untuk menghindari pembentukan plak, cobalah untuk memeriksakan gigi dan mulut ke dokter secara rutin. Selain itu, pastikan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut secara maksimal.

Gunakan sikat gigi dan pasta gigi yang mengandung antibakteri sehingga pertumbuhan bakteri bisa dicegah. Setelah itu, jangan lupa untuk memakai benang gigi dan obat kumur agar tidak ada sisa makanan yang tertinggal dalam mulut.

Baca Juga: Ini 3 cara mengobati gusi bengkak akibat gigi berlubang

Mulut Kering

Kondisi mulut yang kering termasuk salah satu penyebab bau mulut. Air liur dalam mulut berguna untuk membersihkan bakteri. Jadi, saat jumlahnya berkurang, semakin banyak bakteri yang sulit untuk dibersihkan.

Johnson & Johnson mengatakan bahwa salah satu pemicu mulut kering adalah saat Anda mengonsumsi jenis obat tertentu. Untuk mengatasinya, cobalah untuk minum lebih banyak air. Mengunyah permen karet tanpa gula juga bisa jadi opsi lainnya.

Baca Juga: Inilah 3 penyebab gusi belakang bengkak

Kondisi Medis Tertentu

Penyebab bau mulut selanjutnya adalah saat Anda mengalami kondisi medis tertentu. Mulai dari alergi, diabetes, penyakit gusi, dan lain sebagainya. Jika Anda memiliki bau mulut tak sedap yang sulit hilang, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah pun bisa jadi penyebab bau mulut.

Selain bawang putih, bawang merah juga bisa menyebabkan masalah bau mulut, lo. Bawang merah mengandung banyak senyawa sulfur yang bearoma menyengat. Saat Anda mengunyah bawang merah, tubuh akan memproduksi zat bernama allicin untuk melawan bau bawang merah.

Selanjutnya: 4 Penyebab lidah putih yang bisa tejadi, Anda perlu tahu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru