Dapat mengontrol gula darah, cek 4 manfaat jahe ini

Jumat, 20 Agustus 2021 | 10:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Dapat mengontrol gula darah, cek 4 manfaat jahe ini

ILUSTRASI. Anda perlu mengetahui beberapa manfaat jahe untuk kesehatan.


KESEHATAN - JAKARTA. Ada beragam manfaat jahe yang bisa Anda dapatkan. Selain meningkatkan cita rasa makanan, jenis rempah itu juga berguna untuk menjaga kesehatan. Cobalah untuk rutin mengonsumsi rempah supaya terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Insider (insider.com) mengatakan bahwa jahe mampu mengontrol jumlah gula darah dalam tubuh. Artinya, jenis rempah itu cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi 2 g jahe per hari mampu memperbaiki indikator gula darah.

Tidak berhenti sampai di situ, tentu saja masih banyak khasiat jahe yang berguna untuk kesehatan. Namun, sebelum rutin mengonsumsi bahan alami itu, sebaiknya tetap konsultasikan dulu ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat saran dosis yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Meredakan Peradangan

Manfaat jahe berikutnya adalah meredakan peradangan atau inflamasi dalam tubuh. Bukan tanpa alasan, antiinflamasi dan antioksidan yang terkandung dalam jahe mampu melawan serangan radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit.

Salah satu hasil penelitian menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi jahe mampu mengurangi rasa sakit akibat osteoartritis. Para partisipan mengonsumsi ekstrak jahe sebanyak dua kali sehari selama enam minggu. Hasilnya, rasa sakit yang dialami 63% partisipan berkurang.

Baca Juga: 3 Makanan yang bisa membantu meredakan nyeri lutut akibat radang sendi

Mengobati Nyeri Haid

Nyeri haid adalah salah satu kondisi yang sering dialami wanita tiap bulan. Jika Anda salah satu orang yang mengalami masalah itu, tak ada salahnya untuk rutin mengonsumsi jahe. Mengutip dari Insider, kandungan dalam jahe mampu menekan produksi senyawa yang memicu kontraksi rahim.

Dengan begitu, rasa sakit pun berkurang. Namun, jika nyeri haid masih terus Anda alami dalam jangka waktu lama dan rasa sakitnya semakin bertambah, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya. Bisa saja kondisi itu jadi tanda masalah kesehatan lain yang lebih parah.

Baca Juga: Ini 5 rekomendasi obat rematik dari bahan-bahan alami

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat jahe yang bisa Anda dapat adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Manfaat jahe berikutnya adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Jahe bisa mempercepat proses pencernaan sehingga perut kembung karena penumpukan gas bisa Anda atasi. Tidak hanya itu, risiko sembelit juga dapat Anda hindari dengan rutin mengonsumsi bahan alami itu.

Mengobati Mual

Jahe jadi salah satu jenis rempah yang efektif mengobati mual. Gingerol, salah satu senyawa dalam jahe, mampu menekan peregangan otot sehingga kemungkinan mual dan muntah bisa dicegah. Hal yang sama juga berlaku jika Anda merasa mual karena hamil.

Selanjutnya: Mengontrol kolesterol, ini manfaat jus tomat untuk penderita diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru