Hati-hati, 4 efek samping saffron ini bisa Anda alami

Senin, 26 Juli 2021 | 07:02 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Hati-hati, 4 efek samping saffron ini bisa Anda alami


KESEHATAN - JAKARTA. Memang ada banyak manfaat saffron yang bisa Anda dapat. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan efek samping saffron. Jika digunakan dengan cara yang salah, jenis rempah itu justru dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Perlu diketahui bahwa saffron adalah salah satu jenis rempah dengan harga yang relatif mahal. Hal itu terjadi karena cara memanen saffron yang cukup sulit. Selain itu, khasiat saffron juga banyak sehingga banyak orang yang berminat untuk menggunakannya.

Jika Anda ingin menggunakan saffron, usahakan untuk selalu berkonsultasi dulu dengan dokter, ya. Apalagi jika Anda memiliki kondisi kesehatan khusus, misalnya menderita penyakit tertentu. Dengan begitu, beberapa efek samping ini dapat Anda hindari.

Efek Samping Umum

Melansir Web MD (webmd.com), mengonsumsi saffron sebenarnya tidak mendatangkan banyak efek samping. Terlebih jika Anda mengonsumsinya dalam dosis yang sesuai dengan kondisi. Namun, efek samping saffron dapat muncul saat Anda mengonsumsinya secara berlebihan.

Mengonsumsi saffron secara terus-menerus dalam jangka waktu lama juga bisa menyebabkan masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang umum terjadi adalah sakit perut, nafsu makan menurun, sakit kepala, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Waspada, 5 efek samping minyak zaitun ini bisa Anda alami

Memengaruhi Mood

Efek samping saffron berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah jenis rempah itu bisa memengaruhi mood. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda mengalami gangguan kecemasan. Gangguan bipolar yang Anda derita pun bisa semakin parah ketika mengonsumsi saffron secara berlebih.

Berpengaruh Pada Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu hamil dan ibu menyusui perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Usahakan untuk tidak mengonsumsi saffron selama hamil dan menyusui untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan efek saffron pada ibu hamil dan menyusui.

Baca Juga: 5 Efek samping habbatussauda yang perlu Anda ketahui

Interaksi dengan Obat Tertentu

Salah satu efek samping saffron bisa muncul saat bereaksi dengan jenis obat yang Anda konsumsi.

Anda perlu berhati-hati jika ingin mengonsumsi saffron saat minum jenis obat tertentu. Web MD mengatakan bahwa efek samping saffron dapat muncul ketika Anda mengonsumsi obat pengencer darah atau obat penyakit tekanan darah tinggi. Untuk itu, jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter.

Selanjutnya: 10 Manfaat saffron untuk kesehatan, membantu turunkan berat badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru