Waspada, 5 efek samping minyak zaitun ini bisa Anda alami

Jumat, 25 Juni 2021 | 12:48 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspada, 5 efek samping minyak zaitun ini bisa Anda alami

ILUSTRASI. Ada beberapa efek samping minyak zaitun yang perlu Anda perhatikan.


KESEHATAN - Memang, ada banyak manfaat minyak zaitun yang bisa Anda dapat, seperti merawat kesehatan kulit dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Namun, efek samping minyak zaitun juga perlu Anda waspadai agar kesehatan tak terganggu.

Ada beberapa orang yang menggunakan minyak zaitun untuk mengobati jerawat. Sayangnya, minyak zaitun juga dapat menimbulkan masalah kulit yang sama.

Mengutip dari Stylecraze, minyak zaitun tak mudah terserap kulit sehingga justru dapat menyumbat pori-pori kulit. Untuk menghindari efek samping itu, Anda perlu memerhatikan penggunaan minyak zaitun.

Baca Juga: Promo Indomaret Hanya 3 Hari, diskon 25-27 Juni 2021!

Usahakan untuk tidak memakai minyak zaitun secara berlebihan. Ketika Anda memakai minyak zaitun dengan cara yang kurang tepat, beberapa efek samping ini bisa Anda alami.

Menimbulkan ruam di kulit

Anda perlu berhati-hati saat memakai minyak zaitun karena jenis minyak itu bisa memicu kemunculan ruam di kulit. Apalagi, jika Anda memiliki tipe kulit berminyak.

Minyak alami yang keluar dari kulit dan bercampur dengan minyak zaitun dapat menyebabkan kulit iritasi sehingga ruam pun Anda alami.

Baca Juga: 4 Efek samping saffron ini perlu Anda waspadai, apa saja?

Menyebabkan komedo

Selain menyebabkan jerawat, memakai minyak zaitun juga bisa menimbulkan komedo, lo. Ada banyak jenis kotoran yang dapat terperangkap di pori-pori kulit saat Anda menggunakan minyak zaitun.

Nah, hal itulah yang menyebabkan komedo di kulit Anda semakin banyak.

Menurunkan gula darah

Stylecraze menyebutkan bahwa mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah yang terlalu banyak dapat menurunkan jumlah gula darah dalam tubuh. Bahkan, jumlahnya bisa berada di bawah batas normal.

Berkeringat dan tubuh gemetar jadi beberapa tanda konsumsi minyak zaitun berlebih.

Baca Juga: Efek samping lidah buaya bisa ganggu kesehatan tubuh, apa saja?

Diare

Diare termasuk salah satu efek samping minyak zaitun.

Efek samping minyak zaitun berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah jenis minyak itu bisa menyebabkan diare. Kondisi itu terjadi karena minyak zaitun memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi.

Menyebabkan Peradangan

Peradangan dalam tubuh juga termasuk salah satu efek samping minyak zaitun yang tidak boleh Anda abaikan. Asam oleat dalam minyak zaitun yang cukup tinggi mengakibatkan tubuh Anda lebih rentan mengalami peradangan.

Selanjutnya: Sederet manfaat dan efek samping kunyit untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru