Ingin pelihara kucing himalaya? Ini panduan cara merawatnya

Selasa, 14 Juli 2020 | 12:01 WIB   Reporter: Wahyu Eko S
Ingin pelihara kucing himalaya? Ini panduan cara merawatnya

ILUSTRASI. Kucing Persia. KONTAN/Muradi/2019/07/18

KONTAN.CO.ID - Kucing himalaya jadi salah satu favorit penggemar kucing. Jenis kucing ini merupakan hasil perkawinan silang antara kucing persia dan kucing siam yang bertujuan untuk mendapatkan keturunan baru.

Sehingga, kucing himalaya memiliki tubuh mirip kucing persia, namun secara pola warna punya karakter kucing siam. Ciri khas yang bisa Anda lihat adalah dari bola mata berwarna biru layaknya blue diamond.

Tatapan mata yang tajam pun tak luput dari karakter unik kucing himalaya. Tak heran, banyak orang yang tertarik untuk memiliki dan menempatkannya sebagai kasta "tertinggi" dari berbagai jenis kucing lainnya.

Sejarah mencatat, kucing himalaya baru diperkenal pada 1950-an, dan mulai menemukan ketenarannya memasuki tahun 1957. Kucing himalaya juga telah mendapat pengakuan dari The International Cat Association (TICA) sebagai satu ras tersendiri dan berbeda dengan ras yang lain. 

Baca Juga: Daftar harga kucing anggora, panduan bagi yang ingin memeliharanya

Alhasil, dari ketenarannya tersebut, banyak orang yang ingin meminang kucing himalaya sebagai hewan peliharaan favorit mereka. Memiliki bulu yang cantik, bola mata indah, dan karakter warna yang khas jadi alasan utama mengapa orang ingin memelihara kucing himalaya.

Tapi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan lebih dulu jika ingin memelihara kucing himalaya. Misalnya:

Perhatikan kondisi lingkungan atau tempat tinggal

Pada dasarnya, kucing himalaya tak jauh berbeda dengan karakter kucing persia. Mengutip Petfinder.com, Himmies, sebutan kucing himalaya memiliki sisi bermain. 

Karena itu, kucing ini akan senang jika di sekelilingnya memiliki kondisi bersih dan penuh dengan berbagai macam mainan. Kalau mood si kucing lagi jelek, besar kemungkinan akan berpengaruh pada kesehatannya. Maka dari itu, perlu upaya lebih jika ingin memelihara kucing himalaya.

Baca Juga: Kucing anggora Anda bermasalah? Begini cara merawatnya

Perhatikan kualitas makanan

Sama halnya dengan kucing lain, kucing himalaya pun memiliki ketidakcocokkan dengan merek makanan yang ada. Untuk mengantisipasi jika ada masalah buang air akibat salah makanan, ada baiknya mencoba satu per satu merek makanan terbaik yang si kucing sukai.

Luangkan waktu untuk main bersama

Agar tak mudah stres, baiknya luangkan waktu untuk main bersama. Bermain dalam hal ini bukan berarti wajib mengajak berkeliling ke luar rumah, melainkan cukup mengelus-elus si kucing saat santai juga termasuk kategori main bersama.

Editor: Wahyu Eko Saputra
Terbaru