Kucing anggora Anda bermasalah? Begini cara merawatnya

Senin, 13 Juli 2020 | 11:39 WIB   Penulis: Wahyu Eko Saputra
Kucing anggora Anda bermasalah? Begini cara merawatnya

ILUSTRASI. ILUSTRASI-Kucing anggora Anda bermasalah? Begini cara merawatnya.-Petugas melakukan perawatan kepada dua ekor anjing saat pelayanan kesehatan hewan Peduli COVID-19 di Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana, Denp

KONTAN.CO.ID - Kucing anggora merupakan kucing lucu yang kerap menjadi hewan peliharaan idaman bagi setiap orang. Pesona kecantikan dan kharisma kucing yang manis pun sering jadi daya tarik sendiri bagi orang yang melihatnya.

Namun tidak setiap orang tahu dan paham bagaimana merawat kucing idaman tersebut, misalnya soal kesehatan hingga jenis makanan. Salah cara merawat atau memebrika makan bisa membuat kucing tersebut rentan terkena penyakit.

Baca Juga: Daftar harga kucing anggora, panduan bagi yang ingin memeliharanya

Merawat kucing memang sulit. Ada banyak faktor yang harus diperhatikan, antara lain memilih makanan kucing sesuai dengan kategori umur.

Kucing anggora anak-anak dan dewasa memiliki kebutuhan kalori yang berbeda. Anak kucing baru bisa diberi asupan makanan oleh pemiliknya jika telah berusia 3 minggu ke atas. Perlu dicatat, hindari memberi jenis makanan yang bersifat kering. Lebih baik memberi makanan basah agar sistem pencernaan si kucing mampu mengolah dengan baik. 

Kucing dikatakan dewasa saat ia tmenginjak umur satu tahun. Setelah kucing berada di fase ini Anda bisa mulai memberinya asupan makanan kering sebagai makanan pelengkap sebagai adaptasi awal  bagi si kucing.

Baca Juga: Begini cara mengetahui kucing bahagia jika berada di dekat pemiliknya

Banyak makanan yang diminati kucing anggora, Anda pilih sebagai asupan makanan bagi si kucing dengan merek Meo, Royal canin, Pro Plan, Whiskas, Friskies, Bolt, dan Max. 

Semua merek makanan itu terbilang ramah kantong dan beredar banyak di toko hewan ataupun supermarket terdekat. Namun, tidak semua kucing peliharaan Anda akan langsung cocok dengan merek makanan tersebut.

Demi mengurangi resiko kerontokan bulu dan masalah dengan buang air, ada baiknya dicoba dulu satu per satu jenis dan makanan yang akan diberikan pada kucing Anda.

Editor: Wahyu Eko Saputra
Terbaru