Ingin usir lalat yang mengganggu? Coba lakukan cara ini

Jumat, 26 Maret 2021 | 16:10 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Ingin usir lalat yang mengganggu? Coba lakukan cara ini


RUMAH TANGGA - JAKARTA. Apakah lalat sering masuk ke rumah Anda? Jika iya, cara mengusir lalat perlu segera Anda lakukan. Jenis serangga itu dapat menyebarkan berbagai macam penyakit yang mengancam kesehatan Anda dan anggota keluarga yang lain.

Supaya lalat enggan masuk ke rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Pertama, bersihkan sisa makanan secara langsung. Jangan sampai sisa makanan bercecer karena hal itu berpotensi mengundang kedatangan lalat.

Hal yang sama juga berlaku pada tempat sampah dan area di sekelilingnya. Sebisa mungkin jaga kebersihan tempat sampah. Mulai dari menutupnya hingga membuangnya ketika sudah penuh. Selain melakukan hal-hal itu, ada bahan-bahan lain yang bisa Anda pakai untuk membasmi lalat.

Jahe

Mengutip dari Firstcry Parenting (prenting.firstcry.com), jahe efektif mengusir lalat karena aromanya yang kuat. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama, campur 2 sdm bubuk jahe ke dalam wadah yang berisi 4 gelas air. Semprotkan campuran itu ke beberapa sudut rumah.

Baca Juga: 6 Bahan alami ini efektif jadi cara mengusir semut

Minyak Kayu Putih, Witch Hazel, dan Cuka Apel

Cara mengusir lalat juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan minyak kayu putih, witch hazel, dan cuka apel. Bahan-bahan yang Anda perlukan adalah ¼ gelas cuka apel, 60 tetes minyak kayu putih, dan ¼ gelas witch hazel.

Anda perlu mencampurkan wicth hazel dan cuka apel terlebih dahulu. Setelah teraduk rata, tambahkan minyak kayu putih lalu aduk lagi. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan dalam menggunakan campuran itu. Pertama dengan menyemprotkannya dan kedua dengan mengaplikasikannya di tubuh.

Essential Oil

Fisrtcry Parenting merekomendasikan essential oil sebagai cara mengusir lalat. Pilihlah essential oil dengan aroma yang kuat, seperti minyak cengkih, peppermint, atau kayu manis. Campur 10 tetes essential oil dengan 2 gelas air. Anda bisa menambahkan 2 gelas vodka tanpa rasa supaya manfaatnya lebih terasa.

Baca Juga: 5 Cara mengusir kecoa ini bisa Anda coba dengan mudah

Kemangi

Daun kemangi bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengusir lalat.

Ternyata, kemangi juga bermanfaat untuk mengusir lalat, lo. Anda bisa menanam kemangi di kebun atau sekitar rumah Anda. Aromanya yang khas dan kuat mampu membuat lalat enggan masuk ke sekitar lingkungan tempat tinggal Anda.

Selain menanamnya, kemangi juga bisa Anda olah sebagai pengusir serangga. Caranya, potong beberapa lembar daun kemangi menjadi beberapa bagian. Selanjutnya, rebus daun tersebut selama 30 menit. Gunakan air rebusan yang sudah disaring untuk membasmi lalat.

Selanjutnya: Bahan alami ini bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru