Inilah 4 dampak banjir terhadap lingkungan

Jumat, 22 Januari 2021 | 13:07 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Inilah 4 dampak banjir terhadap lingkungan

ILUSTRASI. Warga menggendong anaknya melintasi banjir di Desa Kampung Melayu, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Jumat (15/1/2021).

KONTAN.CO.ID - Banjir melanda beberapa wilayah di Indonesia pada awal tahun 2021. Banjir cukup parah terjadi di Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Bogor, Jawa Barat. 

Selain itu, hujan dengan intensitas tinggi disertai struktur tanah yang labil menyebabkan banjir yang berdampak pada 4 Kecamatan di Kota Malang pada Senin (18/1) pukul 17.00 WIB.

Ratusan rumah di Cirebon juga dilanda banjir setinggi 50 sentimeter hingga 1 meter pada Senin (18/1/2021). Kondisi serupa juga terjadi di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah pada Senin (18/1) pukul 19.00 WIB.

Lantas, apa dampak banjir? 

Baca Juga: ​4 Penyebab banjir, dari penebangan pohon hingga minim resapan air

Dampak banjir terhadap lingkungan

Dikutip dari Pusat Krisis Kementerian Kesehatan, berikut dampak banjir terhadap lingkungan:

1. Kerusakan sarana dan prasarana

Bencana banjir bisa menimbulkan kerusakan sarana dan prasarana, karena banjir yang menerjang bisa merusak rumah penduduk, gedung, kendaraan dan juga merusak fasilitas sosial. 

2. Melumpuhkan jalur transportasi

Banjir yang meluap hingga di jalanan dapat menimbulkan masalah, salah satunya adalah lumpuhnya jalur transportasi. Sehingga, warga baik pejalan kaki ataupun pengguna kendaraan tidak bisa melewati dan tentu hal ini akan menimbulkan kerugian.

Baca Juga: ​Mengenal El Nino dan dampaknya terhadap cuaca di Indonesia

3. Pencemaran lingkungan

Luapan air karena banjir akan membuat lingkungan menjadi kotor dan tidak sedikit sampah yang berserakan tentu hal ini akan mencemari lingkungan dan juga menimbulkan berbagai macam penyakit.

4. Pemicu tanah longsor

Semakin deras hujan turun maka semakin tinggi air banjir yang menyebabkan tanah dan jalana terkikis dan dapat menjadi longsor.

Selanjutnya: ​Mengenal La Nina dan dampaknya terhadap bencana banjir di Indonesia

 

Editor: Virdita Ratriani


Terbaru