Inilah 7 skill yang harus dimiliki calon pekerja masa kini

Jumat, 30 April 2021 | 03:55 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Inilah 7 skill yang harus dimiliki calon pekerja masa kini


MENCARI KERJA -  Jakarta. Jangan hanya mengandalkan ijazah jika ingin segera mendapat pekerjaan. Bekali diri dengan soft skill dan hard skill yang bisa membuat pihak HRD tertarik dengan kamu. 

Soft skill merupakan kemampuan yang berkaitan dengan hal-hal seperti cara berkomunikasi dan bersikap. Sedangkan hard skill berkaitan dengan kemampuan pada bidang pekerjaan tertentu. 

Agar mudah mendapatkan pekerjaan, sebaiknya mulai mengasah berbagai skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Simak beragam skill yang harus dimiliki calon pekerja agar cepat dapat kerja di bawah ini, yang dihimpun dari Indeed.com dan Glassdoor.

  • Manajemen waktu

Di dunia kerja, pekerja dituntut untuk bisa menyelesaikan beberapa tugas di saat yang bersamaan. Tidak heran, pekerja perlu memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik.

Sayangnya, tidak banyak orang yang bisa melakukan manajemen waktu dengan baik. Kemampuan manajemen waktu membutuhkan latihan karena fokus kita perlu terbiasa membagi waktu dengan baik.

Pada awalnya mungkin Anda akan menghadapi kesulitan untuk membagi waktu ke beberapa pekerjaan. Namun demikian, jika Anda sudah ahli dalam kemampuan ini, pekerjaan bisa selesai lebih cepat dan lebih efisien.  

Baca Juga: Peluang terbuka lebar, simak daftar profesi yang dibutuhkan tahun 2021

  • Microsoft Office

Mungkin Anda heran kenapa skill ini masuk dalam daftar keahlian yang harus dimiliki calon pekerja. 

Nyatanya, banyak pelamar yang buta dalam mengoperasikan Microsoft Office terutama Excel dan PowerPoint (PPT). Dua program ini akan banyak digunakan selama Anda bekerja.

Tidak jarang karyawan gagap saat menggunakan rumus Excel seperti VLOOKUP atau HLOOKUP.  Padahal, dua rumus ini penting dipahami agar laporan Anda bisa dikerjakan dengan benar dan cepat. 

Untuk PPT, sering kali karyawan membuat PPT ala kadarnya tanpa ada animasi atau grafik yang menarik. Tentu, hal ini membuat audiens akan merasa bosan jika PPT Anda tidak menarik. 

Dua program ini cukup mudah dipelajari secara mandiri. Ada banyak video di YouTube yang bisa membantu Anda belajar Excel dan PPT. 

  • Kemampuan bernegosiasi

Bernegosiasi mungkin erat kaitannya dengan profesi marketing atau sales. Namun, skill ini akan sangat dibutuhkan di profesi apapun di dunia kerja. 

Kemampuan negosiasi yang baik bisa membantu kehidupan kantor Anda lebih baik. 

Bahkan saat proses rekrutmen pun, skill ini bisa membantu Anda "merayu" HRD agar Anda mendapatkan opsi dan gaji yang diinginkan. 

Kemampuan ini membutuhkan skill berbicara, mendengarkan, dan inovasi yang baik. 

Baca Juga: Terbaru! Bank BTN buka lowongan kerja 2021, berbuka untuk lulusan minimal D3

  • Sosial media

Hampir setiap perusahaan sekarang memiliki akun di berbagai sosial media. Sosial media saat ini menjelma menjadi salah satu media promosi yang cukup efektif. 

Pekerjaan sebagai social media specialist tentu makin banyak dicari oleh perusahaan. Berkecimpung dalam profesi ini tidak bisa sembarangan, mereka membutuhkan pengetahuan dan ketelitian yang tinggi untuk melihat tren yang ada di tiap-tiap sosial media. 

Social media specialist juga perlu mengasah kemampuan analisis dan juga komunikasi terutama secara tertulis.

  • Berdiskusi dan pengambilan keputusan

Anda termasuk orang yang mengikuti arus atau yes-man? Sebaiknya sikap ini mulai Anda perbaiki. Seorang karyawan diharapkan mampu mengambil keputusan yang terbaik jika dibutuhkan. 

Karenanya, Anda perlu melatih kepercayaan diri agar bisa mengambil keputusan tanpa bergantung dengan orang lain.

Kemampuan berdiskusi juga sangat dibutuhkan di dunia kerja. Akan ada waktu di mana atasan atau rekan kerja membutuhkan teman untuk berdiskusi. 

Bukan hanya sebagai penyimak tetapi partner yang mampu memberikan timbal balik dalam diskusi tersebut.  

Baca Juga: Besok pendaftaran terakhir, ini 10 sekolah kedinasan yang sepi peminat

  • Komunikasi dan kolaborasi

Kemampuan komunikasi dan kolaborasi juga penting dimiliki seorang pekerja. Dua kemampuan ini dibutuhkan agar kerja tim bisa berjalan dengan baik. 

Pekerjaan dan masalah bisa terselesaikan dengan cepat dan efisien jika karyawan mampu berkomunikasi dan berkolaborasi dengan baik. 

  • Kecerdasan emosional, dan empati

Skill empati juga penting dan dibutuhkan di dunia kerja. Tidak hanya saat situasi berduka saja, empati juga dibutuhkan di berbagai kondisi. 

Karyawan yang memiliki empati akan lebih peka dengan lingkungannya. Efeknya, dia akan mudah memahami kebutuhan dan mendengarkan ide dari orang lainnya. 

Kemampuan ini penting untuk mengembangkan dan memunculkan ide-ide baru. Kecerdasan emosional juga merupakan kemampuan yang penting dimiliki pekerja. 

Di dunia kerja, Anda dituntut untuk bersikap profesional. Jangan sampai permasalahan pribadi membuat pekerjaan Anda terganggu. 

Mulailah untuk melatih kecerdasan emosional Anda agar saat bekerja kelak Anda lebih siap. 

Selanjutnya: BUMN Pelindo III sedang buka lowongan kerja, simak persyaratannya ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman   1 2 Tampilkan Semua
Editor: Tiyas Septiana
Terbaru