Kenapa langit berwarna biru? Inilah penjelasan ilmiahnya

Kamis, 25 November 2021 | 15:03 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Kenapa langit berwarna biru? Inilah penjelasan ilmiahnya

ILUSTRASI. Kenapa langit berwarna biru? Inilah penjelasan ilmiahnya.

KONTAN.CO.ID - Kenapa langit berwarna biru? Pertanyaan tersebut barangkali cukup sering ditanyakan oleh anak kecil. Meski begitu, rupanya banyak juga orang dewasa yang masih kesulitan menjawab mengapa langit biru.

Dikutip dari The Meteorological Office Inggris, jawaban pertanyaan kenapa langit biru adalah karena bagi mata manusia hanya bisa menangkap gelombang pendek cahaya biru yang tersebar di atmosfer ketimbang spektrum warna lainnya.

Langit sendiri sebenarnya memiliki banyak warna. Namun, keterbatasan mata manusia menangkap spektrum warna membuat langit seolah didominasi warna biru.

Baca Juga: Selain Ikan Cupang, Daun Ketapang Juga Bermanfaat untuk Ikan Hias

Untuk memahami mengapa langit berwarna biru, pertama-tama perlu memahami konsep cahaya. Meskipun cahaya dari Matahari terlihat putih dan oranye, sebenarnya ia terdiri dari spektrum warna yang berbeda, seperti yang dapat dilihat saat munculnya pelangi.

Anda dapat menganggap cahaya sebagai gelombang energi, dan warna yang berbeda memiliki panjang gelombang yang berbeda. 

Di salah satu ujung spektrum adalah cahaya merah yang memiliki panjang gelombang terpanjang dan di ujung lainnya adalah cahaya biru dan ungu yang memiliki panjang gelombang jauh lebih pendek.

Baca Juga: Seberapa Sering Seharusnya Mengganti Air Akuarium?

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru