kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45780,32   4,77   0.62%
  • EMAS1.023.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.16%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Keren! Gelombang ledakan ini begitu indah mirip pita yang terurai di luar angkasa


Kamis, 03 September 2020 / 10:17 WIB
Keren! Gelombang ledakan ini begitu indah mirip pita yang terurai di luar angkasa
ILUSTRASI. ILUSTRASI OLEH: ESA/Hubble & NASA, W. Blair Ackn; Keren! Gelombang ledakan ini begitu indah seperti pita yang terurai di luar angkasa

Sumber: BGR | Editor: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - Teleskop luar angkasa Hubble menangkap pemandangan indah gelombang ledakan di luar angkasa. Pemandangan tersebut begitu cantik bak pita yang terurai di luar angkasa.

Keadaan di luar angkasa sana memang sulit di jangkau. Untuk menjangkau apa yang ada di luar angkasa membutuhkan berbagai alat yang memadai.


Baca Juga: Tak terdeteksi, sebuah asteroid sebesar mobil mendekati Bumi

Seperti teleskop luar angkasa milik NASA, yakni Hubble. Lewat teleskop tersebut NASA dapat mengamati apa yang ada di luar angkasa sana termasuk peristiwa-perisitia di sana.

Mengutip dari situs BGR.com, NASA baru saja merilis sebuah foto penampakan gelombang ledakan di luar angkasa. Uniknya penampakan gelombang ledakan tersebut begitu indah bak pita yang terurai di luar angkasa.

Menurut NASA, gelombang ledakan tersebut terjadi antara 10.000 samapai 20.000 tahun yang lalu. Potongan kecil gelombang ledakan ini untungnya berjarak 2.400 tahun cahaya dengan Bumi. Jarak tersebut cukup aman dari Bumi, tetapi juga cukup dekat dengan teleskop Hubble sehingga dapat menangkap citra indah ini.

Gelombang ledakan ini berasal dari bintang dalam bagian konstelasi Cygnus. NASA memperkirakan bahwa gelombang ledakan ini 20 kali lebih besar dari Matahari kita.

Bintang yang meledak ini akan terus meledak sampai bahan bakarnya habis. Termasuk gelombang ledakan indah berwarna oranye ini akan terus berlangsung hingga bahan bakarnya habis.

Gelombang ledakan yang tercipta akibat bintang yang mati ini berawal dari pusatnya. Seperti bintang yang meledak ini yang kemudian melebar hingga ke tepinya dengan kecepatan sekitar 220 mil per detik.

Bagaimana kawan-kawan ? Apakah ini termasuk maha karya di luar angkasa yang pernah Anda lihat ?

Baca Juga: Keren! Lewat situs ini Anda bisa melihat kondisi daratan Bumi di masa lampau



TERBARU

[X]
×