Kriteria Rumah yang Sehat, Seperti Apa Kriterianya?

Minggu, 15 Mei 2022 | 07:00 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Kriteria Rumah yang Sehat, Seperti Apa Kriterianya?


KONTAN.CO.ID - Kesadaran masyarakat untuk menjalani gaya hidup yang lebih sehat belakangan mulai bertumbuh seiring dengan masa pandemi.

Beragam cara pun dilakukan untuk menjalani hidup sehat tersebut, mulai dari mengonsumsi makanan sehat dan vitamin hingga berolahraga secara rutin.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menunjang gaya hidup tersebut adalah dengan memiliki rumah yang sehat.

Pasalnya, rumah merupakan tempat di mana kita menghabiskan sebagian besar waktu dalam sehari. Jika lingkungan rumah sehat, penghuninya pasti juga ikut sehat dan merasa nyaman tinggal di rumah.

Namun, apa saja hal yang membuat suatu rumah dapat dikategorikan sebagai rumah sehat? Berdasarkan Panduan Dasar-Dasar Rumah Sehat dari Kementerian PUPR tahun 2017, berikut kriterianya.

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Keramik Dinding dan Lantai, Apa Saja?

Lantai dan dinding rumah yang kering

Pertama, rumah sehat harus memiliki lantai dan dinding yang kering. Artinya, lantai dan dinding rumah harus terhindar dari kelembapan, serta mudah dibersihkan.

Khusus untuk lantai, bahannya sebaiknya bersifat kedap air sehingga tidak mudah lembap dan menghantarkan air tanah ke permukaan lantai. Selain itu, lantai rumah juga harus lebih tinggi sekitar 10 cm dari halaman luar dan 25 cm dari permukaan jalan.

Ventilasi yang cukup

Rumah yang sehat harus memiliki ventilasi yang cukup untuk mengalirkan udara dari dalam dan ke luar ruangan. Oleh karena itu, suatu rumah sebaiknya memiliki jendela dengan jumlah cukup dan bukaan yang cukup lebar.

Supaya udara dapat mengalir dengan lancar di rumah, jendela rumah sebaiknya memiliki luas minimal sekitar 1/9 luas lantai pada ruangan tersebut.

Sinar matahari yang cukup

Selain ventilasi udara, rumah sehat juga perlu mendapatkan sinar matahari yang cukup. Jadi, jendela rumah sebaiknya memiliki bukaan yang cukup lebar sehingga sinar matahari dapat masuk dan memenuhi ruangan, khususnya di pagi hari.

Selain itu, sebaiknya langit-langit rumah dapat meredam hawa panas dari sinar matahari sehingga ruangan terasa lebih sejuk. Jadi, walaupun rumah mendapatkan sinar matahari, udara di dalam rumah tidak terlalu panas.

Baca Juga: Suka Dekorasi Gaya Japandi? Simak Tips Menghadirkannya di Rumah Anda

Editor: Kania Paramahita

Terbaru