CLOSE [X]

Mencegah & Mengobati Asam Urat, Hindari Pantangan Makanan & Minuman Asam Urat Berikut

Minggu, 17 September 2023 | 05:25 WIB Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com
Mencegah & Mengobati Asam Urat, Hindari Pantangan Makanan & Minuman Asam Urat Berikut


Pantangan Makanan Asam Urat - Jakarta. Inilah daftar makanan dan minuman pantangan penderita asam urat. Untuk mencegah dan membantu mengobati asam urat, penderita harus menjauhi minuman dan makanan pantangan asam urat.

Penyakit asam urat sering kambuh. Untuk mencegah asam urat kambuh, minuman dan makanan pantangan asam urat perlu dihindari.

Dilansir dari website Kementerian Kesehatan, penyakit asam urat disebut juga gout. Asam urat adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi yang terjadi karena adanya penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada banyak sendi, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di ibu jari kaki.

Normalnya, kadar atau standar asam urat laki-laki antara 3,4 – 7,0 mg/dL. Sedangkan angka asam urat normal pada perempuan antara 2,4 – 6,0 mg/dL. Kemudian, standar asam urat pada anak-anak 2,0 – 5,5 mg/dL.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Selain itu pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Baca Juga: 4 Manfaat Suruhan Salah Satunya Merontokkan Asam Urat Tinggi

Kadar asam urat dalam darah yang berlebihan akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Kristal ini dapat menyebabkan peradangan, sehingga penderita akan mengeluhkan gejala nyeri yang mengganggu dan bengkak pada sendi, biasanya di kaki.

Asam urat yang termasuk radang sendi sebaiknya tidak dibiarkan lantaran bisa menimbulkan sakit atau pembengkakan pada sendi. Orang yang mengalami asam urat terkadang juga sulit untuk membedakan apakah sakit yang mereka rasakan disebabkan oleh asam urat atau rematik. 

Selain minum obat asam urat, penderita perlu menjauhi larangan makanan dan minuman asam urat.

Larangan makanan asam urat

Larangan makanan asam urat antara lain makanan dengan tinggi purin. Larangan makanan asam urat ini meliputi, daging merah, seafood, makanan kaleng, makanan siap saji, jeroan, sayur bayam, durian, makanan tinggi gula dan makanan mengandung ragi.

Dilansir dari website resmi Siloam Hospital, jeroan termasuk larangan makanan asam urat yang wajib dipatuhi. Jeroan hewan, seperti jantung, babat, hati, usus, ampela, dan sejenisnya diketahui mengandung purin yang cukup tinggi. Maka dari itu, sebisa mungkin batasi atau bahkan hindari konsumsi jeroan terlebih ketika asam urat sedang kambuh.

Larangan minuman asam urat

Larangan minuman asam urat harus dihindari jika kadar asam urat sudah di atas normal. Pasalnya, Larangan minuman asam urat tersebut bisa menyebabkan jumlah purin semakin banyak. Walhasil, kadar asam urat di dalam darah semakin tinggi.

Mengutip Kompas.com, berikut Larangan minuman asam urat yang harus dihindari para penderitanya:

1. Minuman beralkohol

Larangan minuman asam urat yang pertama adalah minuman beralkohol. Minuman beralkohol termasuk bir mengandung purin dalam jumlah besar, menurut laman Everyday Health. Seperti diketahui, konsumsi purin baik dalam bentuk makanan maupun minuman berkaitan dengan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Sebuah penelitian menemukan, pasien yang mengonsumsi 12 ons bir setiap hari lebih besar 1,5 kali terkena asam urat. Kondisi tersebut apabila dibandingkan dengan pasien yang tidak mengonsumsi minuman beralkohol sama sekali. Konsumsi alkohol juga dapat merusak ginjal, organ yang berperan penting dalam menyaring dan mengeluarkan asam urat dari tubuh.

2. Minuman ringan

Larangan minuman asam urat yang kedua adalah minuman ringan. Soft drink atau minuman ringan, seperti minuman bersoda, juga masuk daftar minuman pantangan bagi penderita asam urat. Hal ini tak lain karena banyaknya kandungan gula dalam satu kaleng minuman ringan.

Bahkan menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada wanita, mereka yang mengonsumsi satu kaleng minuman ringan sehari, berisiko terkena serangan asam urat. Tak main-main, risiko tersebut meningkat sebanyak dua kali lipat daripada wanita yang tidak terbiasa minum soft drink dalam rentang waktu satu bulan.

3. Sirup

Larangan minuman asam urat yang ketiga adalah sirup. Sama seperti minuman ringan, sirup adalah minuman tinggi fruktosa yang membawa dampak buruk bagi orang dengan asam urat tinggi.

Pasalnya, seperti dikutip laman Cleveland Clinic, fruktosa tinggi akan berimbas pada peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Dengan begitu, kadar asam urat akan semakin naik, dan penderita bisa mengalami serangan nyeri kapan pun.

4. Minuman berenergi

Larangan minuman asam urat yang keempat adalah minuman berenergi. Mengonsumsi minuman berenergi memiliki efek dan risiko sama, yakni meningkatkan kadar asam urat di dalam tubuh. Dampak minuman berenergi ini berkat kandungan gulanya yang amat tinggi, dan bisa meningkatkan risiko terjadinya serangan dua kali lipat lebih sering.

5. Jus dengan tambahan gula

Larangan minuman asam urat yang kelima adalah jus dengan tambahan gula. Dilansir dari laman Mayo Clinic, jus buah terutama buah dengan kandungan vitamin C adalah salah satu minuman yang baik dikonsumsi penderita asam urat. Sebab, sumber vitamin C seperti buah jeruk dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Sayangnya, buah yang diolah menjadi jus terkadang ditambah dengan banyak gula untuk menambah rasa manis. Tambahan gula inilah yang tak baik dan berpotensi memperburuk kondisi penyakit asam urat yang diderita.

Baca Juga: Bahan Alami Ini Bisa Merontokkan Kolesterol dan Asam Urat Tinggi

Minuman penurun asam urat

Selain menjauhi larangan makanan asam urat, penderita juga perlu minum minuman penurun asam urat. Minuman penurun asam urat perlu dikonsumsi rutin untuk membantu menurunkan asam urat.

Terlebih lagi, minuman penurun asam urat ini mudah dibuat. Pasalnya, minuman penurun asam urat ini menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan.

Dilansir dari Kompas.com, berikut rekomendasi minuman penurun asam urat dalam darah, seperti diberitakan Times of India.

1. Teh jahe

Minuman penurun asam urat yang pertama adalah teh jahe. Konsumsi teh jahe setiap hari dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Hal ini disebabkan sifat antiseptik, anti-inflamasi dan khasiat penyembuhan dari jahe itu sendiri. Di samping itu, jahe juga mengandung antioksidan yang mengurangi peradangan dan nyeri secara alami.

Cara membuat minuman teh jahe untuk menurunkan asam urat juga cukup mudah, kita hanya perlu merebusnya dengan air sampai mendidih, lalu dikonsumsi secara rutin selagi hangat.

2. Jus mentimun

Minuman penurun asam urat yang kedua adalah jus mentimun. Mentimun sudah terbukti mengandung kadar air yang tinggi, potasium dan fosfor yang membantu proses detoksifikasi ginjal. Dengan demikian, limbah sisa metabolisme dapat terbuang dengan optimal, termasuk kadar purin tinggi pemicu asam urat.

3. Jus wortel

Minuman penurun asam urat yang ketiga adalah jus wortel. Minum jus wortel dengan campuran lemon dapat membantu mencegah kenaikan dara asam urat.

Hal ini dapat terjadi karena wortel memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, serat, beta karoten dan mineral yang membantu mengurangi kerusakan akibat asam urat tinggi. Lalu air lemon juga sehat bagi asam urat karena mengandung antioksidan, vitamin C dan membantu proses regenerasi sel secara alami.

4. Teh hijau

Minuman penurun asam urat yang keempat adalah teh hijau. Teh hijau kaya akan antioksidan dan senyawa bioaktif lainnya. Sejumlah kandungan itu bisa membantu menurunkan kadar asam urat secara alami bila dikonsumsi secara rutin.

Melansir laman Medical News Today, menurut meta-analisis tahun 2016, peneliti menemukan, sejumlah kandungan pada teh hijau dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Pada studi lain di tahun yang sama, penderita asam urat yang mengonsumsi teh hijau melalui suplemen juga menunjukkan proses pemulihan dari gejala asam urat yang lebih signifikan.

5. Jus buah beri

Minuman penurun asam urat yang kelima adalah jus buah beri. Buah beri mengandung senyawa polifenol, vitamin, mineral, dan antioksidan tinggi yang melindungi tubuh dari radikal bebas.

Menurut studi penelitian di tahun 2018, kandungan polifenol dalam buah beri seperti bluberi, raspberry, ceri, stroberi hingga delima bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada penderita arthritis dan asam urat. The Arthritis Foundation juga merekomendasikan penderita asam urat untuk mengonsumsi buah ceri untuk menurunkan risiko kambuhnya asam urat

Itulah larangan makanan dan minuman asam urat serta daftar minuman penurun asam urat. Ingat, minuman penurun asam urat bukan obat pengganti dari dokter.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru