Mengenal Aljabar: Pengertian, Unsur, dan Operasi Hitung Bentuknya

Rabu, 12 Januari 2022 | 12:28 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mengenal Aljabar: Pengertian, Unsur, dan Operasi Hitung Bentuknya

ILUSTRASI. Mengenal salah satu materi dasar matematika yakni aljabar, mulai dari pengertian, unsur, hingga operasi hitungnya.


EDUKASI - Aljabar merupakan salah satu materi penting dan dasar dalam pembelajaran matematika. Materi ini sering dihindari siswa karena dianggap sulit untuk dikerjakan. Berikut ini pengertian, unsur, dan operasi hitungnya.

Bersumber dari www.livescience.com, aljabar adalah cabang dari matematika yang berkaitan dengan simbol-simbol dan kaidah untuk mengatur simbol tersebut. 

Simbol tersebut, pada aljabar dasar, menunjukkan kuantitas tanpa nilai tetap yang disebut dengan variabel. 

Aljabar merupakan salah satu materi dasar yang menjadi dasar berkembangnya ilmu sains hingga teknologi. Tanpa ada aljabar, mustahil tercipta berbagai alat elektronik hingga komunikasi.

Baca Juga: Ketentuan Upload Foto Akun LTMPT Siswa 2022, Jangan Sampai Salah

Mengenal bentuk aljabar dan unsurnya

Untuk mengenal bentuk aljabar dan unsurnya, mari simak penjelasan berikut ini:

Ibu membeli 2 buah wajan, 5 buah sendok, dan sebuah kukusan. Saat membeli barang-barang tersebut, ibu harus membayar sebanyak Rp 150.000.

Sesuai dengan penjelasan di atas, wajan bisa disimbolkan dengan "x", sendok dengan "y", dan kukusan dengan "z". 

Dalam bentuk aljabar bisa dituliskan dengan 2x + 5y + z = 150.000. 

Dalam aljabar, kita akan sering menemui suatu bentuk-bentuk seperti penjelasan di atas atau 5x + 3, 4x + 7y, dan sebagainya. 

Melansir dari sumber.belajar.kemdikbud.go.id, bentuk aljabar yang dipisahkan dengan tanda penjumlahan disebut dengan suku. 

5, x, dan 5x disebut satu suku atau monominal. Sedangkan 5x +3 disebut binominal atau suku dua, dan 4x + 7y - 8 disebut trinominal atau suku tiga. 

Bentuk aljabar yang memiliki lebih dari tiga suku disebut dengan polinominal. Selain suku, ada nama-nama lain yang terdapat dalam satu bentuk aljabar. 

Seperti contoh 2x + 5y + z = 150.000, bilangan 2 disebut dengan koefisien, x disebut dengan variabel (peubah), dan 150.000 disebut dengan konstanta. 

Baca Juga: Jadi Syarat Membuat Akun LTMPT, Begini Cara Cek NISN dan NPSN

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru