Mengenal Micro Cheating: Pengertian, Tanda, dan Dampak Terhadap Hubungan

Senin, 04 Maret 2024 | 09:16 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Mengenal Micro Cheating: Pengertian, Tanda, dan Dampak Terhadap Hubungan


ROMANTISME PASANGAN - JAKARTA. Simak apa itu Micro Cheating dari tanda-tanda hingga dampaknya ke hubungan. Masalah dalam hubungan pasangan sangat beragam meliputi berbagai aspek seperti komunikasi hingga finansial.

Sayangnya, fenomena yang terjadi saat ini perkembangan media sosial bisa berdampak pada sebuah hubungan, salah satunya fenomena Micro Cheating.

Micro Cheating adalah konsep dalam hubungan asmara yang mengacu pada tindakan kecil yang dapat dianggap sebagai bentuk kecurangan atau pengkhianatan, meskipun tidak mencapai level dari perselingkuhan fisik atau emosional yang eksplisit.

Ini bisa termasuk perilaku seperti mengirim pesan teks yang flirty dengan orang lain, menggunakan aplikasi kencan tanpa niat serius untuk bertemu, mempertahankan persahabatan intim dengan mantan kekasih tanpa sepengetahuan pasangan.

Bahkan, secara umum menunjukkan perilaku yang dapat diinterpretasikan sebagai minat romantis atau seksual terhadap orang lain di luar hubungan.

Baca Juga: Jangan Terkecoh! Ini Tanda-Tanda Si Dia Sedang Selingkuh

Selingkuh

Micro Cheating bisa menjadi area abu-abu karena apa yang dianggap sebagai micro-cheating dapat bervariasi secara signifikan dari satu hubungan ke hubungan lainnya, tergantung pada batasan dan kesepakatan antara pasangan.

Beberapa orang mungkin merasa bahwa interaksi tertentu tidak berbahaya atau hanya bagian dari persahabatan biasa, sementara yang lain mungkin melihatnya sebagai pengkhianatan kepercayaan.

Pasangan dapat mencegah pelanggaran kepercayaan dengan berdiskusi dan menegosiasikan syarat-syarat hubungan, baik di awal maupun seiring berkembangnya hubungan.

Misalnya, seperti pemahaman terhadap pertemanan hingga bermain sosial media. Orang sering kali menjalin hubungan dengan ekspektasi yang berbeda, dan mendiskusikannya bersama dapat memberikan kejelasan bagi kedua pasangan.

Baca Juga: 14 Manfaat Berpelukan untuk Kesehatan Fisik dan Mental yang Terbukti Dalam Penelitian

Tanda-tanda Micro Cheating

Tanda-tanda dan dampak dari Micro Cheating terhadap hubungan bisa bervariasi. Berikut ini tanda dari micro cheating yang bisa dilihat dari berbagai perilaku, dilansir dari Very Well Mind.

1. Aktivitas yang Mencurigakan di Media Sosial

Nah, terdapat kecenderungan untuk sering memberi 'like', memberikan komentar, atau berkomunikasi dengan nuansa menggoda kepada seseorang lewat platform media sosial.

2. Privasi Berlebih

Ada kebiasaan menyembunyikan percakapan atau detil tentang hubungan atau interaksi dengan individu lain dari pasangan.

3. Perilaku yang Berubah

Secara mendadak, menjadi lebih waspada terhadap handphone atau akun media sosial, atau mengubah password tanpa penjelasan yang logis.

4. Banyak Waktu dengan 'Sekedar Teman'

Seseorang terlihat menghabiskan jumlah waktu yang tidak biasa bersama seseorang yang diklaim sebagai 'sekedar teman', seringkali tanpa memberi tahu pasangan atau melakukannya di belakang pasangan.

5. Memuji Terlalu Banyak kepada Orang Lain

Ada kebiasaan rutin dalam memberikan pujian yang terlalu sering atau berkonotasi menggoda kepada orang lain, baik secara langsung maupun lewat media sosial.

6. Mengelak dari Diskusi Mengenai Individu Tertentu

Seseorang yang menunjukkan rasa tidak nyaman atau mengelak ketika pasangan memulai percakapan tentang seseorang tertentu.

Dampak terhadap Hubungan

Nah, Anda bisa memahami beberapa dampak yang timbul dari adanya Micro Cheating ini.

1. Kehilangan Kepercayaan

Micro cheating dapat merusak kepercayaan, yang merupakan dasar penting dari setiap hubungan yang sehat.

2. Peningkatan Perasaan Tidak Aman

Ketika satu pasangan percaya bahwa pasangan lain terlibat dalam tindakan micro cheating, ini dapat memicu perasaan tidak aman atau merasa tidak cukup dihargai dalam hubungan tersebut.

3. Perselisihan dan Argumen

Perbedaan pendapat tentang apa yang termasuk dalam kategori micro cheating bisa mengarah pada perselisihan yang berulang-ulang dan argumen di antara pasangan.

4. Membuat Jarak Secara Emosional

Berpartisipasi dalam aktivitas micro cheating dapat menyebabkan pembentukan jarak emosional di antara pasangan, dimana satu pihak bisa merasa diabaikan atau tidak dianggap penting.

5. Pengikisan Hubungan Emosional

Keterlibatan dalam micro cheating bisa merusak hubungan emosional antara pasangan, sehingga mereka merasa lebih terpisah satu sama lain secara emosional.

6. Gerbang menuju Perselingkuhan yang Lebih Parah

Terkadang, micro cheating dapat berfungsi sebagai langkah awal menuju bentuk perselingkuhan yang lebih intens, baik itu emosional atau fisik.

Pastikan Anda perlu memperbaiki komunikasi dengan pasangan Anda, sehingga keterbukaan dapat terjalin dengan baik.

Itulah sederet informasi terkait apa itu Micro cheating dan beberapa masalah lain yang bisa terjadi dalam hubungan sebuah pasangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru