Mengenal struktur tulang manusia beserta jenis dan fungsinya

Jumat, 26 November 2021 | 11:20 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Mengenal struktur tulang manusia beserta jenis dan fungsinya

ILUSTRASI. Mengenal struktur tulang manusia beserta jenis dan fungsinya.

KONTAN.CO.ID -  Berkat struktur tulang yang tersusun dengan baik, tubuh manusia dapat terbentuk dengan sempurna dan normal. Tulang-tulang ini menopang dan melindungi organ dalam manusia.

Tanpa tulang, tubuh manusia akan seperti jeli karena tidak ada tempat menempel otot dan daging. Yang lebih parah, organ dalam tidak terlindungi dan rentan cedera.

Oleh karena itu, keberadaan tulang sangat penting bagi manusia. Kesehatan juga perlu dijaga dengan mengonsumsi makanan sehat dan kalsium.

Sebanyak 20 persen dari berat manusia berasal dari berat seluruh sistem kerangka. Melansir dari www.livescience.com, tulang terbagi menjadi 80 persen tulang kompak, 20 persen tulang spons, dan sumsum tulang.

Baca Juga: Dari visual hingga logika, ini 9 jenis kecerdasan manusia, cek tipe kecerdasan Anda

Fungsi rangka manusia

Selian untuk melindungi dan membentuk tubuh, tulang-tulang penyusun rangka manusia memiliki berbagai fungsi, antara lain:

1. Tempat untuk memproduksi sel darah. Sumsum tulang adalah tempat produksi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

2. Melindungi organ dalam. Kerangka manusia melindungi organ dalam. Organ tersebut sangat rapuh sehingga harus dilindungi agar tidak terluka.

3. Penyimpanan mineral dan nutrisi. Kelebihan mineral dan nutrisi disimpan dalam tulang.

4. Propulsi tubuh. Otot yang melekat pada tulang memungkinkan tubuh untuk bergerak.

Kerangka tulang manusia

Dikutip dari www.healthline.com, ada sekitar 206 tulang di tubuh manusia dewasa. Tulang-tulang ini dibagi menjadi dua bagian: kerangka aksial dan kerangka apendikular.

Masing-masing dari kerangka tersebut memiliki fungsi yang penting untuk kelangsungan hidup manusia.

  • Bingkai aksial

Rangka aksial berfungsi sebagai pelindung organ dalam manusia. Kerangka ini juga berfungsi sebagai pembentuk seluruh tubuh manusia.

Umumnya, tulang-tulang dalam rangka aksial tidak bisa bergerak bebas karena sendi penghubungnya tidak memungkinkan adanya pergerakan antar tulang.

Baca Juga: Hati-hati trend Add Yours di Instagram bisa curi data Anda, ini modusnya

Ada sebanyak 80 tulang yang termasuk dalam kerangka aksial. Tulang-tulang tersebut antara lain:

1. Tengkorak terdiri dari 22 tulang.
2. Tulang pendengaran
3. Tulang hyoid
4. Tulang belakang terdiri dari: 7 vertebra serviks, 12 vertebra, 5 vertebra lumbar, 1 tulang ekor, dan 1 sakrum.
5. Tulang rusuk terdiri dari 12 pasang tulang.

Kerangka apendikular

Selain berfungsi untuk melindungi organ dalam manusia, ada juga jenis lain dari di dalam struktur tulang, yaitu kerangka apendikular. Kerangka ini berfungsi sebagai alat gerak pada manusia.

Tulang-tulang dalam kerangka apendikular bisa bergerak bebas sesuai dengan perintah dari otak kita. Rangka apendikular terdiri dari 126 tulang, antara lain:

1. Kerangka tubuh bagian atas terdiri dari 30 tulang. Tulang lengan, tulang ulna, tulang pergelangan tangan, dan tulang pergelangan tangan. Tulang telapak tangan dan jari-jari juga termasuk dalam bagian ini.

2. Panggul. Tulang ini adalah penghubung antara kerangka aksial dan tulang kaki.

3. Kerangka tubuh bagian bawah terdiri dari 30 tulang. Misalnya tulang paha, tulang kering, tulang betis, dan tulang tempurung lutut. Tulang pergelangan kaki, telapak kaki, dan jari kaki juga termasuk dalam bagian ini. 

Selanjutnya: Gampang kok, begini cara top up BRIZZI di Shopee

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru