CLOSE [X]

Nama-Nama Planet di Tata Surya Bagian Dalam & Bagian Luar, Bumi Masuk Mana?

Jumat, 13 Mei 2022 | 10:15 WIB   Penulis: Arif Budianto
Nama-Nama Planet di Tata Surya Bagian Dalam & Bagian Luar, Bumi Masuk Mana?

ILUSTRASI. Nama-Nama Planet di Tata Surya Bagian Dalam & Bagian Luar, Bumi Masuk Mana?


KONTAN.CO.ID - Yuk cari tahu! Inilah nama-nama planet di Tata Surya bagian dalam dan bagian luar. Kira-kira Bumi masuk planet bagian mana di Tata Surya?

Di rubrik cari tahu kali ini kita akan membahas hal menarik dari Tata Surya yang mungkin beberapa orang masih belum tahu.

Banyak orang mungkin sudah tahu bahwa di Tata Surya sendiri terdapat 8 planet yang kita kenal. Dari 8 planet di Tata Surya ini, ternyata diklasifikasikan menjadi dua.

Yaitu planet bagian dalam Tata Surya dan bagian luar. Apa yang membedakan keduanya? 

Sebelum membahas lebih lanjut, kita cari tahu terlebih dahulu definisi dari Tata Surya. Tata surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya.

Objek-objek inilah termasuk 8 planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elpis. 

Nah kedelapan planet di Tata Surya ini masih dibagi lagi menjadi dua bagian. Yaitu planet bagian dalam dan bagian luar Tata Surya.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu! Inilah Alasan Mengapa Gerhana Bulan Total Berwarna Kemerahan

Planet di tata surya

1. Tata Surya bagian dalam

Tata surya bagian dalam adalah sebutan umum yang mencakup planet kebumian (umumnya tersusun dari material seperti batu silikat atau logam) dan asteroid.

Terdapat empat planet yang masuk dalam bagian dalam Tata Surya ini. Sebagian besar planet yang terletak di bagian dalam Tata Surya ini tidak memiliki satelit dan sistem cincin.

Tetapi, Bumi yang kita kenal memiliki satelit alami adalah Bulan. Nah, dari sini kita mengetahui bahwa material yang menyusun Bumi juga logam dan batuan padat lainnya, maka planet yang dihuni banyak makhluk hidup ini masuk dalam bagian dalam Tata Surya.

Berikut daftar planet di Tata Surya bagian dalam:

  • Merkurius
  • Venus
  • Bumi
  • Mars

Ada pula sabuk asteroid yang merupakan objek di Tata Surya yang terdiri dari batuan dan mineral logam beku. Terletak di antara orbit Mars dan Jupiter, diduga ini merupakan sisa dari bahan formasi Tata Surya yang gagal menggumpal karena pengaruh gravitasi Jupiter.

Baca Juga: Fenomena Blood Moon Terjadi Akhir Pekan Ini, Apa Bedanya dengan Gerhana Bulan?

2. Tata Surya bagian luar

Tahukah Anda? Bagian luar dari Tata Surya terdapat gas-gas raksasa dan satelit-satelitnya yang besarnya seperti planet. Tidak sedikit komet berperiode pendek, termasuk beberapa Centaur juga memiliki orbit di daerah tersebut.

Sebagian besar planet luar disebut juga raksasa gas atau planet jovian yang secara keseluruhan mencakup 99 persen massa yang mengorbit Matahari.

Keempat raksasa gas ini semuanya memiliki cincin, meskipun yang paling kentara Saturnus.

Berikut daftar planet di Tata Surya bagian luar:

  • Jupiter
  • Saturnus
  • Uranus
  • Neptunus

Tidak hanya planet-planet di atas yang terdapat di Tata Surya bagian luar. Komet yang bahan penyusunnya dari es volatil juga terdapat di Tata Surya bagian luar.

Termasuk Centaur atau benda-benda es mirip komet. Ada pun beberapa benda langit lainnya, seperti sabuk kuiper yang merupakan cincin raksasa mirip dengan sabuk asteroid, tetapi komposisin utamanya adalah es.

Hingga pluto yang sampai saat ini masih menjadi perdebatan terkait statusnya sebagai planet di tata surya.

Demikian pembahasan menarik tentang nama-nama planet di Tata Surya bagian dalam dan luar yang dapat Anda ketahui. Sedikit banyak, semoga informasi dan pembahasan kali ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang astronomi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru