Sejarah Candi Borobudur, Candi Budha Terbesar di Abad ke-19

Senin, 16 Mei 2022 | 15:53 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Sejarah Candi Borobudur, Candi Budha Terbesar di Abad ke-19

ILUSTRASI. Sejarah candi Borobudur. ANTARA FOTO/Anis Efizudin.


KONTAN.CO.ID - Sejarah Candi Borobudur, diperkirakan dibangun pada abad ke-8 atau 1.200 tahun yang lalu, pada masa kejayaan Dinasti Syailendra.  

Dikutip dari laman resmi Badan Otorita Borobudur, pembangunan candi diperkirakan memakan waktu ratusan tahun dan berhasil diselesaikan pada masa Pemerintahan Samaratungga di tahun 825 Masehi.

Namun sayangnya, tidak ada bukti catatan sejarah Candi Borobudur yang bisa menjelaskan secara detail, siapa yang membangun Candi Borobudur.  

Setelah beberapa abad keberadaannya sempat tak tampak karena tertutup abu vulkanik letusan Gunung Merapi, pada 1814, Sir Thomas Stamford Raffles akhirnya menemukan keberadaan Candi Borobudur. 

Baca Juga: Link Twibbon dan Contoh Ucapan Selamat Hari Raya Waisak 2022 Penuh Makna

Sejarah Candi Borobudur

Dikutip dari Interaktif.kompas.id, Raffles yang memiliki minat besar pada peninggalan kuno masa lalu menunjuk Cornelius, perwira Belanda yang berpengalaman dalam peninggalan kuno di Jawa, untuk membersihkan, memunculkan kembali Candi Borobudur yang ketika itu menyerupai sebuah bukit yang tertutup semak belukar dan pohon-pohon.

Pembersihan dan pembenahan kemudian dilanjutkan oleh Residen Kedu Hartmann sampai dengan tahun 1835.  

Di era Hartmann itulah, Pemerintah Hindia Belanda melakukan promosi dan publikasi sehingga nama Candi Borobudur mulai terangkat di mata dunia. Banyak orang, dari berbagai kalangan, mulai melihat dan menilai serta mengetahu sejarah Candi Borobudur. 

Baca Juga: Perayaan Hari Raya Waisak Berubah Tiap Tahun, Ini Alasannya

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru