Tak banyak yang tahu, ini 4 manfaat susu kambing untuk tubuh

Senin, 10 Mei 2021 | 08:37 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak banyak yang tahu, ini 4 manfaat susu kambing untuk tubuh

ILUSTRASI. Ada banyak manfaat susu kambing yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/ama/17.


KESEHATAN - JAKARTA. Manfaat susu kambing tidak kalah banyak dari susu sapi, lo. Susu kambing memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat. Anda yang memiliki alergi laktosa pun tidak masalah untuk mengonsumsi jenis susu ini.

Melansir Lybrate (lybrate.com), susu kambing mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin D, kalsium, dan magnesium. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapat 3.6 g protein, 4.5 g karbohidrat, dan 204 mg kalium dengan mengonsumsi 100 g susu kambing.

Meski manfaat-manfaat berikut bisa Anda dapat, tapi usahakan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya. Apalagi jika Anda ingin memberikan susu kambing pada anak-anak. Hal itu perlu Anda lakukan untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Menurunkan Kolesterol

Saat jumlahnya terlalu banyak, kolesterol dapat menimbulkan berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Susu kambing bisa Anda gunakan untuk menghindari hal tersebut. Dengan mengonsumsinya secara rutin, justru jumlah kolesterol baik yang meningkat.

Baca Juga: 5 Keju termahal di dunia

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat susu kambing berikutnya adalah menjaga kesehatan kulit Anda. Jenis susu itu mengandung banyak vitamin A yang dapat mengobati jerawat dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan. Tidak berhenti sampai di situ, kandungan dalam susu kambing juga mampu melembutkan kulit.

Lybrate menambahkan, asam laktat dalam susu kambing efektif membersihkan sel kulit mati. Jadi, kulit terlihat lebih cerah dan lembut. Susu kambing juga memiliki pH yang sama dengan kulit sehingga lebih mudah terserap dan mencegah infeksi bakteri penyebab masalah kulit.

Mencegah Arteriosklerosis

Manfaat susu kambing selanjutnya yang perlu Anda ketahui adalah jenis susu itu mampu mencegah arteriosklerosis. Arteriosklerosis adalah kondisi di mana pembuluh darah arteri dari jantung mengeras. Dengan mengonsumsi susu kambing, risiko terjadinya masalah itu bisa Anda hindari.

Baca Juga: Daftar minuman penurun darah tinggi, harus dikonsumsi secara rutin

Mencegah Anemia

Salah satu manfaat susu kambing adalah mencegah anemia.

Selain arteriosklerosis, susu kambing juga bisa digunakan untuk mencegah anemia. Khasiat susu kambing itu berasal dari zat besi, kalsium, dan magnesium. Mineral-mineral dalam susu kambing itu lebih mudah diserap tubuh.

Tak hanya itu, susu kambing juga efektif meningkatkan regenerasi hemoglobin sehingga kondisi tubuh Anda bisa terjaga. Selain mencegah anemia, mengonsumsi susu kambing secara rutin juga mampu mencegah osteoporosis dan jenis penyakit yang lain.

Selanjutnya: Mulai dari keju hingga yogurt, ini makanan yang mengandung kalsium

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru