​Tari Pendet Berasal dari Bali: Ini Pola Lantai, Gerakan, dan Sejarahnya

Selasa, 25 Januari 2022 | 15:27 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
​Tari Pendet Berasal dari Bali: Ini Pola Lantai, Gerakan, dan Sejarahnya

ILUSTRASI. Tari Pendet berasal dari Bali.


BUDAYA - Tari pendet berasal dari daerah Bali. Tari pendet berasal dari Bali ini termasuk dalam tarian tradisional kreasi. 

Tari pendet awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali.

Tari pendet melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengkreasikan tari pendet menjadi tarian “ucapan selamat datang”. 

Tari kreasi yang dikembangkan dari tarian ritual pendet ini diciptakan oleh I Wayan Rindi dan Ni Ketut Reneng pada 1950 dengan menampilkan empat penari. Pada 1961, I Wayan Beratha mengembangkan tari pendet dan menambah jumlah penari menjadi lima orang. 

Kemudia di 1962, dia kembali mengembangkan tari pendet agar dapat ditarikan secara masal sekitar 800 orang di upacara pembukaan Asian Games 1962 di Jakarta. 

Baca Juga: Tari Serimpi Berasal dari Yogyakarta: Ini Properti dan Sejarah Tari Serimpi

Gerakan tari pendet

Tari Pendet berasal dari daerah Bali

Tari pendet adalah tarian kelompok yang dibawakan dengan penuh semangat dan ekspresif. Gerakan tari pendet ditarikan dengan liukan badan yang gemulai serta suasana riang gembira. 

Dirangkum dari buku Seni Budaya oleh Harry Sulastianto, dkk, setiap penari membawa bokor yakni piring besar yang cekung, bertepi lebar, dan biasanya terbuat dari logam yang diisi dengan bunga untuk ditaburkan. 

Seperti halnya tari Bali lainnya, gerakan tari pendet banyak melakukan gerak mata yang disebut seledet, gerak tangan, gerak kepala, gerak bahu, dan gerak kaki. 

Baca Juga: ​Tari Jaipong Berasal dari Daerah Jawa Barat: Ini Sejarah, Gerakan, dan Musiknya

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru