Waspada! Ini 3 penyebab penyakit hati

Senin, 18 Januari 2021 | 19:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspada! Ini 3 penyebab penyakit hati

KONTAN.CO.ID - Hati adalah salah satu organ penting yang berguna untuk mencerna makanan dan mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh. Namun, fungsi tersebut bisa terganggu karena berbagai macam penyakit hati.

Penyakit hati muncul karena berbagai macam hal. Mulai dari infeksi virus, konsumsi alkohol berlebih, obesitas, atau kondisi kesehatan yang lain.

Jika terus dibiarkan, penyakit hati bisa menyebabkan kondisi kesehatan menjadi lebih buruk, bahkan dapat mengancam nyawa Anda.

Mengutip dari Mayo Clinic, masalah tersebut ditandai dengan beberapa gejala. Mulai dari sakit perut, penyakit kuning, kulit gatal, nafsu makan menurun, hingga warna urin berubah.

Selain memerhatikan gejala, mewaspadai penyebab penyakit hati perlu Anda lakukan.

Infeksi

Penyakit hati bisa disebabkan oleh infeksi virus dan parasit, seperti hepatitis A, hepatitis B, atau hepatitis C. Infeksi dapat menyebabkan fungsi hati terganggu dan memicu peradangan. Biasanya, virus menyebar melalui aliran darah atau tertular dari orang lain.

Baca Juga: 5 Jus buah dan sayur yang bermanfaat sebagai obat herbal untuk asam urat

Sistem imun tubuh

Sistem imun yang seharusnya menjaga tubuh dari serangan penyakit justru membuat gangguan pada kesehatan tubuh. Kondisi itu disebut dengan penyakit autoimun. Beberapa penyakit autoimun yang juga menyerang hati adalah hepatitis autoimun atau kolangitis bilier primer.

Genetik dan faktor lain

Mayo Clinic menyebutkan, genetik atau keturunan juga dapat menyebabkan gangguan pada hati. Gen yang diturunkan orangtua mampu menyebabkan penumpukan berbagai macam cairan di hati sehingga fungsi hati menjadi terganggu.

Selain itu, pertumbuhan sel kanker, pola hidup tidak sehat, dan jenis obat tertentu juga dapat menyebabkan masalah yang sama. Ada beberapa faktor yang dapat pula meningkatkan risiko gangguan hati.

Mulai dari obesitas, diabetes, penggunaan jarum suntik, tato dan tindik, hingga terpapar bahan kimia atau zat racun tertentu. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hari dan terus waspada supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Baca Juga: Waspada! Berikut 4 penyebab kolesterol tinggi

Editor: Belladina Biananda


Terbaru