Waspada, Inilah 7 Penyebab Badan Panas Dingin Menggigil secara Tiba-tiba

Sabtu, 03 Februari 2024 | 16:30 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Waspada, Inilah 7 Penyebab Badan Panas Dingin Menggigil secara Tiba-tiba

ILUSTRASI. Apa saja penyebab Badan Panas Dingin Menggigil?


KESEHATAN - JAKARTA. Simak penyebab tubuh mengalami panas dingin dan menggigil tanpa adanya demam. Respons tubuh dapat menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan dan merespons secara imun serta melibatkan kelenjar tubuh lainnya.

Gejala panas dingin dan menggigil mencakup gerakan berulang dan tidak terkontrol dari otot-otot tubuh, terutama yang terkait dengan getaran atau gemetar. Selain itu, sensasi menggigil dapat terjadi di beberapa bagian tubuh atau melibatkan seluruh tubuh.

Jika disertai dengan sensasi panas dingin yang tidak konsisten pada tubuh, hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa tubuh sedang beradaptasi dengan perubahan suhu lingkungan atau mengindikasikan adanya kondisi medis tertentu.

Nah, Anda perlu waspadai apabila rasa menggigil disertai dengan gejala lain dan bersifat kepanjangan.

Baca Juga: 11 Penyebab Bintik Merah di Kulit Tanpa Rasa Gatal, Waspada Iritasi Kronis

Penyebab badan panas dingin menggigil

Demam sebabkan panas dingin karena infeksi virus

Pada dasarnya, menggigil adalah reaksi alami tubuh terhadap berbagai faktor, seperti suhu yang dingin, stres, kelelahan, atau kondisi medis tertentu. Sebagai hasilnya, kondisi panas dingin dan menggigil biasanya berlangsung dalam jangka waktu yang singkat.

Tetapi, jika Anda mengalami sensasi yang tidak nyaman di tubuh bersamaan dengan rasa nyeri, hal tersebut mungkin merupakan indikasi adanya penyakit tertentu.

Intip penyebab badan panas dingin menggigil yang terkait dengan kondisi tertentu dilansir dari Mens Heatlh.

Baca Juga: 3 Fase Demam Berdarah pada Anak dan Pengobatannya yang Perlu Dipahami Orang Tua

1. Olahraga pada Cuaca Dingin

Beraktivitas fisik dalam suhu yang rendah dapat cepat menyebabkan rasa kedinginan, terutama ketika melibatkan aktivitas berat. Meskipun otot yang aktif mampu menghasilkan panas, setelah berhenti berolahraga, panas tersebut dapat hilang dengan cepat dan menyebabkan penurunan suhu tubuh.

2. Kekurangan Cairan

Satu penyebab dari kondisi tubuh menggigil karena dingin adalah kekurangan cairan. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan banyak cairan melalui proses seperti berkeringat, muntah, atau diare. Kondisi ini juga bisa terjadi saat beraktivitas di hari panas atau berada di luar ruangan pada suhu tinggi.

3. Infeksi Virus Spesifik

Infeksi dapat menyebabkan menggigil, baik dengan atau tanpa demam. Virus bisa langsung mempengaruhi sistem saraf atau memengaruhi melalui molekul protein yang memberi sinyal pada sel-sel saraf bahwa suhu tubuh terlalu rendah.

4. Kecemasan atau Rasa Takut

Lonjakan hormon adrenalin yang timbul saat mengalami kecemasan atau ketakutan dapat membuat tubuh merasa kedinginan atau menggigil. Saraf adrenergik berperan dalam memicu respons menggigil tubuh untuk sementara waktu saat menghadapi situasi cemas.

5. Gejala Gula Darah Rendah

Kondisi gula darah rendah dapat menyebabkan sensasi kedinginan dan gemetar. Ketika tubuh kekurangan gula, sistem saraf simpatik diaktifkan, menghasilkan gejala seperti menggigil, berkeringat, detak jantung yang cepat, dan penglihatan kabur.

6. Anemia

Penderita anemia tidak memproduksi cukup sel darah merah, yang menghambat aliran oksigen yang diperlukan oleh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan rasa dingin dan gejala lainnya seperti kelelahan, pucat, dan sesak napas.

7. Hipotiroidisme

Hormon tiroid berperan dalam mengatur metabolisme, yang pada gilirannya memengaruhi persepsi suhu tubuh. Keadaan ini terjadi ketika kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon dengan benar. Gejala lain meliputi kelelahan, penambahan berat badan, sembelit, kulit dan rambut kering, serta detak jantung yang melambat.

Jika menggigil terjadi secara terus-menerus, terasa sangat kuat, atau disertai dengan gejala lain seperti pusing, pingsan, nyeri, atau kesulitan bernapas, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Itulah penjelasan dari informasi terkait penyebab panas dingin menggigil yang bisa menjadi tanda penyakit.

Selanjutnya: Luhut Resmi Mendukung Prabowo - Gibran, Ini Alasannya

Menarik Dibaca: Tak Cuma Bikini, Ini 6 Jenis Celana Dalam Perempuan yang Umum Dipakai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru