Yuk Cari Tahu! Apa Benda Langit yang Memiliki Orbit di antara Planet Mars & Jupiter

Jumat, 11 Maret 2022 | 10:48 WIB   Penulis: Arif Budianto
Yuk Cari Tahu! Apa Benda Langit yang Memiliki Orbit di antara Planet Mars & Jupiter

ILUSTRASI. Yuk Cari Tahu! Apa Benda Langit yang Memiliki Orbit di antara Planet Mars & Jupiter


KONTAN.CO.ID - Inilah benda langit yang memiliki orbit di antara planet Mars dan Jupiter. Benda langit tersebut adalah asteroid, bebatuan ruang angkasa ini mayoritas terdapat di sabuk asteroid yang terletak di antara orbit Mars dan Jupiter.

Ngomongin soal benda langit, banyak hal yang dapat dikulik dari ruang yang berada jauh dari jangkauan kita ini. Kendati demikian, bintang, matahari, dan bulan menjadi benda langit yang paling mudah untuk kita lihat dari Bumi tanpa bantuan alat apapun.

Namun, bagaimana dengan benda langit yang lainnya? Kira-kira apa sih benda langit yang berada di antara orbit Mars dan Jupiter? 

Pernahkah Anda mendengar pertanyaan tersebut? Yuk cari tahu jawabannya di sini.

Seperti yang kita ketahui, ada banyak benda langit di angkasa luar. Meskipun kita mungkin mengetahui benda langit seperti bintang, matahari, dan bulan karena cukup mudah ditemukan.

Ternyata masih banyak benda langit di angkasa luar sana yang mungkin belum kita ketahui. Termasuk benda langit yang berada di antara obrit Mars dan Jupiter.

Di Tata Surya, kita mengenal planet, satelit, hingga matahari sebagai pusatnya. Namun ada hal yang menarik di antara orbit Mars dan Jupiter.

Di antara orbit planet Mars dan Jupiter terdapat sabuk asteroid. Asal Anda tahu, sabuk asteroid masih bagian dari Tata Surya.

Baca Juga: Inilah Pengertian Planet dan Exoplanet (Planet Luar Surya), Lengkap Dengan Contohnya

Sabuk Asteroid yang berada di antara orbit Mars dan Jupiter

Inilah wilayah yang dipenuhi oleh sejumlah objek tak beraturan yang disebut asteroid atau planet kerdil. Definisi asteroid sendiri adalah benda berukuran lebih kecil daripada planet, tetapi lebih besar daripada meteoroid.

Asteroid juga berbeda dari komet, apalagi bila melihat dari penampakan visualnya. Bila komet memiliki koma atau ekor, asteroid tidak punya ekor sama sekali.

Meskipun mayoritas asteroid bermukim di sabuk asteroid di antara orbit Mars dan Jupiter, tidak jarang beberapa asteroid juga kerap kali mampir di planet lain. Termasuk Bumi, beberapa asteroid dilaporkan melintas dalam status yang masih aman alias tidak menimbulkan dampak.

Baca Juga: Para Ahli Temukan Asteroid yang Akan Menuju Bumi Tahun 2023, Tidak Menimbulkan Dampak

Dikutip dari laman resmi NASA, hingga saat ini jumlah asteroid yang diketahui mencapai 1.113.527. 

Diketahui, asteroid yang terbesar yakni bernama Vesta memiliki diameter sekitar 530 kilometer (km). Tetapi ada pula asteroid kecil yang berukuran kurang dari 10 meter (m). 

Menurut NASA, massa total semua asteroid yang digabungkan diketahui lebih kecil dari massa Bulan Bumi.

Demikian hal yang dapat kita belajar kali ini, terkait benda langit yang berada di antara orbit Mars dan Jupiter. Bila Anda ditanya, apa benda langit yang melayang-layang di antara orbit Mars dan Jupiter, jawabannya adalah asteroid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru