5 Gejala usus buntu yang perlu Anda kenali

Rabu, 10 November 2021 | 19:25 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Gejala usus buntu yang perlu Anda kenali


KESEHATAN - Usus buntu bisa meradang dan menyebabkan masalah kesehatan yang lain. Kalau Anda mengalami gejala usus buntu apa pun, jangan ragu untuk segera konsultasi ke dokter, ya.

Dengan begitu, langkah perawatan bisa segera Anda lakukan. Sebab, radang usus buntu yang Anda biarkan bisa semakin parah hingga akhirnya pecah. Nah, hal itulah yang membuat kesehatan Anda terancam.

Infeksi dari usus buntu bisa menyerang bagian tubuh lain yang menyebabkan munculnya komplikasi kesehatan. Jika memang diperlukan, biasanya Anda perlu melewati operasi pengangkatan usus buntu.

Namun, tentu saja hal itu perlu Anda bicarakan dulu ke dokter. Jika memang kondisi Anda tak terlalu parah, pengobatan dokter juga bisa mengatasi gejala-gejala ini:

Perut tiba-tiba terasa sakit

Anda perlu berhati-hati jika perut tiba-tiba terasa sakit, apalagi perut bagian kanan. Mengutip dari cmirs.com, kondisi itu bisa menandakan adanya radang usus buntu. Seiring berjalannya waktu, rasa sakit akan menjalar ke bagian pusar dan perut bawah.

Baca Juga: 4 Penyebab usus buntu ini perlu Anda waspadai

Sembelit

Salah satu gejala usus buntu adalah sembelit.

Gejala usus buntu berikutnya yang bisa Anda alami adalah sembelit. Anda akan kesulitan untuk mengeluarkan gas dan sisa makanan dari sistem pencernaan Anda.

Selain itu, radang usus buntu juga bisa menyebabkan diare dan kram perut sehingga Anda perlu mewaspadainya.

Sakit saat buang air kecil

Tidak hanya menyebabkan sakit perut, radang usus buntu juga ditandai dengan munculnya rasa sakit ketika Anda buang air kecil. Jangan ragu untuk segera periksa ke dokter, ya.

Meski bukan dikarenakan radang usus buntu, kondisi itu juga bisa terjadi karena masalah lain, misalnya infeksi saluran kencing.

Baca Juga: 10 Gejala Usus Buntu yang Perlu Anda Ketahui

Mual dan muntah

Mual dan muntah termasuk gejala usus buntu.

Gejala usus buntu berikutnya yang cukup sering dialami oleh banyak orang adalah mual dan muntah. Inflamasi yang terjadi di bagian usus buntu juga bisa menyebar ke bagian saluran pencernaan lain.

Hal itulah yang membuat Anda merasa mual dan muntah dalam jangka waktu tertentu.

Demam

Menurut cmirs.com, demam termasuk salah satu ciri-ciri usus buntu. Sebenarnya, demam merupakan hal yang baik karena tandanya tubuh Anda berusaha melawan infeksi.

Namun, demam yang tak segera diatasi bisa mendatangkan bahaya kesehatan lainnya.

Selanjutnya: Ini 6 gejala usus buntu yang tidak boleh Anda abaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru