5 Makanan yang mengandung kalsium ini bisa dijadikan pilihan

Rabu, 21 April 2021 | 11:52 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Makanan yang mengandung kalsium ini bisa dijadikan pilihan

ILUSTRASI. Jeruk termasuk salah satu makanan yang mengandung kalsium.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kalsium merupakan mineral yang memegang peranan penting dalam tubuh Anda, yaitu menguatkan tulang. Salah satu cara memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral itu adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Mengutip dari E Times (timesofindia.indiatimes.com), Anda direkomendasikan untuk mengonsumsi 1000 mg kalsium. Nah, salah satu cara untuk memenuhinya adalah dengan minum susu secara rutin. Anda bisa mendapat 280 mg kalsium dengan minum satu gelas susu.

Tentu saja tidak hanya susu yang mengandung kalsium. Masih banyak jenis makanan lain yang menjadi sumber kalsium dan bisa Anda pilih. Misalnya, jeruk, susu kedelai, kacang almond, dan lain sebagainya. Cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan ini secara rutin supaya manfaat kalsium bisa terasa.

Yogurt

Selain susu, produk olahan susu, seperti yogurt, juga bisa Anda jadikan sumber kalsium, lo. Dalam satu porsi yogurt, Anda bisa mendapatkan 400 mg kalsium. Tidak berhenti sampai di situ, yogurt juga mengandung banyak protein dan banyak bakteri yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan.

Baca Juga: Sederet makanan yang bisa meningkatkan kesehatan jantung

Sayuran Hijau

Sayuran hijau termasuk makanan yang mengandung kalsium lainnya untuk Anda pilih. Selain itu, sayuran hijau, seperti bayam atau kale, juga mengandung banyak serat. Dengan mengonsumsi sayuran hijau secara rutin, kesehatan sistem pencernaan Anda bisa terjaga.

Bahkan, sayuran hijau juga cocok dimasukkan dalam menu diet. Serat yang terkandung dalam sayuran hijau mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, keinginan untuk mengonsumsi kalori tambahan pun dapat berkurang.

Jeruk

E Times menyebutkan bahwa satu jeruk berukuran sedang memiliki 60 mg kalsium. Jenis buah ini juga memiliki banyak vitamin D yang dapat mengoptimalkan penyerapan kalsium. Jadi, cobalah untuk mengonsumsi jeru secara rutin, ya.

Baca Juga: Ini 4 makanan yang mengandung zat besi, tertarik mencoba?

Kacang Almond

Kacang almond termasuk makanan yang mengandung kalsium. Dalam satu gelas kacang almond yang sudah dipanggang, Anda bisa mendapat 457 mg kalsium. Selain memenuhi kebutuhan tubuh akan kalsium, mengonsumsi kacang almond juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Susu Kedelai

Susu kedelai adalah salah satu makanan yang mengandung kalsium.

Tahukah Anda bahwa susu kedelai memiliki banyak kalsium? Sama seperti kacang almond, susu kedelai memiliki banyak vitamin D dan kalsium. Anda bisa mendapat 60 mg kalsium dengan mengonsumsi satu gelas susu kedelai.

Selanjutnya: 5 Makanan untuk ibu hamil yang bisa Anda jadikan pilihan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru