Apa Arti Geopolitik untuk Sebuah Negara? Alasan Penting dan Contoh di Indonesia

Senin, 08 Januari 2024 | 09:22 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Apa Arti Geopolitik untuk Sebuah Negara? Alasan Penting dan Contoh di Indonesia

ILUSTRASI. Arti Geopolitik untuk Sebuah Negara? Alasan Penting dan Contoh di Indonesia. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.


POLITIK - JAKARTA. Kenali apa arti Geopolitik dalam sebuah negara. Pahami juga kenapa Geopolitik penting bagi sebuah negara beserta contohnya di Indonesia.

Geopolitik adalah studi tentang hubungan antara ruang geografis, kebijakan luar negeri, kekuasaan politik, dan dinamika global.

Istilah "Geopolitik" menggabungkan dua konsep utama: "geo" yang berarti bumi atau wilayah geografis, dan "politik" yang berkaitan dengan kebijakan, pemerintahan, dan kekuasaan.

Jadi, geopolitik secara harfiah dapat diartikan sebagai kebijakan yang terkait dengan pengaruh kekuatan politik dan ekonomi di atas wilayah geografis tertentu.

Beberapa aspek utama dari geopolitik melibatkan analisis tentang bagaimana faktor-faktor seperti lokasi geografis, sumber daya alam, demografi, kekuatan militer, dan kebijakan luar negeri berinteraksi untuk membentuk dinamika politik global.

Baca Juga: Bahasa Indonesia Ditetapkan Sebagai Bahasa Resmi Konferensi Umum UNESCO

Geopolitik juga mencakup pemahaman tentang hubungan antarnegara, persaingan kekuatan, aliansi politik, dan perubahan geografis dalam konteks kebijakan luar negeri.

Melansir dari CHASS Edu, bidang ini melihat pada penggunaan kekuasaan tertentu seperti bagaimana negara-negara dan kelompok-kelompok lain bersaing untuk mengendalikan entitas-entitas ini dalam komunitas internasional. Selain itu, beberapa kelompok negara mengontrol entitas-entitas ini dipandang membantu negara dan kelompok mencapai tujuan.

Geopolitik selalu dilihat dengan dimensi internasional dan global, artinya permasalahan yang dilihat berkaitan dengan skala global.

Dengan demikian, geopolitik dapat diartikan sebagai perebutan penguasaan entitas geografis yang berdimensi internasional dan global, serta pemanfaatan entitas geografis tersebut untuk keuntungan politik.

Mengapa geopolitik penting bagi sebuah negara?

Jokowi di KTT ASEAN-Jepang

Geopolitik penting karena memainkan peran kunci dalam membentuk kebijakan nasional dan internasional, serta memahami kompleksitas hubungan antara kekuatan politik, geografi, dan dinamika global. Berikut adalah beberapa alasan mengapa geopolitik dianggap penting:

1. Keamanan Nasional

Geopolitik membantu negara untuk menganalisis dan mengelola ancaman keamanan nasional, baik yang berasal dari negara tetangga maupun aktor global. Pemahaman terhadap posisi geografis dan kekuatan militer menjadi kunci dalam merancang strategi pertahanan.

2. Kebijakan Luar Negeri

Dengan pemahaman geopolitik, negara dapat merancang kebijakan luar negeri yang sesuai dengan kepentingan nasionalnya. Posisi geografis, hubungan dengan negara-negara tetangga, dan peran dalam organisasi internasional menjadi faktor-faktor yang diperhitungkan dalam merancang kebijakan ini.

3. Perdagangan dan Ekonomi

Geopolitik memainkan peran penting dalam menentukan potensi ekonomi suatu negara. Kedudukan geografis yang strategis dapat memberikan keuntungan komparatif dalam perdagangan internasional dan konektivitas ekonomi regional.

4. Pengelolaan Sumber Daya Alam

Faktor-faktor geografis, seperti kekayaan sumber daya alam dan lokasi geografis, memengaruhi kebijakan pengelolaan sumber daya alam. Geopolitik membantu negara dalam merancang kebijakan yang berkelanjutan untuk memanfaatkan sumber daya alam secara efektif.

5. Diplomasi dan Hubungan Antarbangsa

Pemahaman geopolitik sangat penting dalam menjalankan diplomasi dan membangun hubungan dengan negara-negara lain. Negara dapat lebih efektif berpartisipasi dalam forum internasional dan menjalankan peran konstruktif dalam menyelesaikan konflik.

6. Keberlanjutan Lingkungan

Faktor-faktor geografis memainkan peran dalam keberlanjutan lingkungan. Negara-negara perlu memahami dampak eksploitasi sumber daya alam terhadap lingkungan dan merancang kebijakan yang mendukung pembangunan berkelanjutan.

7. Stabilitas Regional dan Global

Geopolitik membantu dalam memahami dinamika yang dapat memengaruhi stabilitas regional dan global. Melalui analisis geopolitik, negara dapat berpartisipasi dalam upaya untuk mencegah konflik dan membangun kerjasama antarnegara.

Baca Juga: 10 Keunggulan Bahasa Indonesia hingga Layak Jadi Bahasa Resmi ASEAN

Contoh di Indonesia

Arus peti kemas di Surabaya

Studi geopolitik seringkali mencoba menganalisis bagaimana keputusan politik di satu wilayah dapat memengaruhi dinamika global dan sebaliknya. Perkembangan geopolitik dapat memengaruhi perdagangan internasional, konflik bersenjata, diplomasi, dan stabilitas regional maupun global.

Fungsi geopolitik di Indonesia mencakup sejumlah aspek yang melibatkan posisi geografis negara ini, sumber daya alam, kebijakan luar negeri, dan interaksi dengan negara-negara tetangga.

Berikut adalah beberapa fungsi geopolitik di Indonesia beserta contohnya melansir dari laman SGPP.

1. Keamanan dan Pertahanan

Indonesia memainkan peran penting dalam menjaga keamanan dan stabilitas di kawasan Asia Tenggara. Keamanan maritim di Selat Malaka dan Laut Cina Selatan menjadi perhatian utama, dan Indonesia aktif berpartisipasi dalam upaya regional untuk mengatasi masalah-masalah keamanan tersebut.

2. Ekonomi dan Perdagangan

Kedudukan geografis Indonesia yang strategis sebagai negara kepulauan memberikan keuntungan dalam hal perdagangan dan konektivitas maritim. Pelabuhan-pelabuhan utama seperti Tanjung Priok di Jakarta dan Tanjung Perak di Surabaya menjadi pintu gerbang utama untuk perdagangan internasional.

3. Politik Luar Negeri

Indonesia menjalankan kebijakan luar negeri yang aktif dan merdeka, dengan tujuan mempertahankan hubungan baik dengan negara-negara di kawasan dan dunia. Negara ini menjadi anggota G20 dan memiliki peran penting dalam organisasi regional seperti ASEAN.

4. Energi dan Sumber Daya Alam

Dalam situasi geopolitik di bidang Energi, Indonesia memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, yang memengaruhi dinamika ekonomi dan kebijakan energi di tingkat nasional dan internasional. Sumber daya alam tersebut meliputi minyak, gas alam, batubara, dan hasil hutan.

5. Kesejahteraan Masyarakat

Geopolitik juga dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Misalnya, kebijakan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan yang baik dapat membantu melindungi masyarakat dari dampak negatif eksploitasi yang tidak berkelanjutan.

Demikian informasi terkait penjelasan arti dari Geopolitik beserta pentingnya bagi sebuah negara.

Selanjutnya: Pantau Kurs Dollar-Rupiah di BCA Hari Ini Senin (8/1) dan Panduan Tukar Valas

Menarik Dibaca: Harga Emas Antam Tak Bergerak Hari Ini 8 Januari, Cek Daftar Selengkapnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru