Bisa Anda alami, ini 5 penyebab tekanan darah rendah

Rabu, 21 April 2021 | 20:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa Anda alami, ini 5 penyebab tekanan darah rendah

KONTAN.CO.ID - Tekanan darah rendah merupakan hal yang umum terjadi. Salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan adalah mengatasi penyebab tekanan darah rendah secara maksimal.

Sebab, tekanan darah rendah bisa menyebabkan masalah yang lebih serius jika terus terjadi. Normalnya, tekanan darah manusia berada di angka 120/80 mmHg.

Anda dikatakan menderita penyakit tekanan darah rendah atau hipotensi jika tekanan darah berada di bawah 90/60 mmHg. Kondisi ini menyebabkan otak tidak mendapat jumlah darah sesuai kebutuhan.

Hasilnya, Anda menjadi lebih mudah pusing, bahkan pingsan. Jika Anda mengalami gejala-gejala hipotensi, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, penyebabnya bisa teratasi secara maksimal.

Ketidakseimbangan hormon

Melansir Narayana Health, ketidakseimbangan hormon dapat mengakibatkan tekanan darah rendah. Biasanya, hal itu juga berkaitan dengan kondisi insulin atau tiroid.

Maka dari itu, berkonsultasi dengan dokter adalah hal penting yang perlu Anda coba.

Baca Juga: Ini 4 makanan yang mengandung zat besi, tertarik mencoba?

Hamil

Penyebab tekanan darah rendah lainnya adalah hamil. Hal itu terjadi karena ada banyak perubahan dalam tubuh selama kehamilan, salah satunya adalah perubahan hormon.

Anda tidak perlu khawatir jika mengalami hipotensi selama hamil. Setelah melahirkan, tekanan darah Anda akan kembali normal.

Namun, jika Anda mengalami gejala lain yang mengganggu kesehatan tubuh sehari-hari, tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter. Biasanya, dokter akan memberikan obat sesuai dengan kondisi Anda.

Penyakit ginjal

Penyakit ginjal juga bisa jadi penyebab tekanan darah rendah, lo. Ginjal adalah salah satu organ dalam tubuh yang berfungsi menjaga keseimbangan nutrisi dan cairan dalam tubuh.

Saat fungsi itu tak dapat berjalan optimal, efeknya berpengaruh pada tekanan darah Anda.

Baca Juga: Makan wortel secara rutin bisa menurunkan risiko penyakit jantung, benarkah?

Penyakit jantung

Narayana Health mengatakan, penyakit jantung dapat menurunkan tekanan darah Anda. Hal itu bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan karena darah yang berisi oksigen dan nutrisi penting tak mampu menjangkau seluruh bagian tubuh secara optimal.

Anemia

Anemia termasuk salah satu penyebab tekanan darah rendah.

Ada banyak hal yang menyebabkan Anda mengalami anemia, salah satunya adalah tubuh yang kekurangan nutrisi. Misalnya, vitamin B12 atau zat besi. Hal itu mengakibatkan produksi darah terganggu sehingga tekanan darah juga ikut terdampak.

Selanjutnya: Bisa Anda konsumsi, ini 4 obat tekanan darah rendah

Editor: Belladina Biananda
Terbaru