Cara Diet Sehat Bisa Dilakukan Saat Berpuasa, Coba Saja!

Rabu, 27 April 2022 | 14:30 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Cara Diet Sehat Bisa Dilakukan Saat Berpuasa, Coba Saja!


KONTAN.CO.ID - Pada dasarnya, menu sahur untuk diet memiliki hal yang sama dengan menu diet sehat secara umum. 

Untuk menurunkan berat badan, asupan kalori harian Anda haruslah lebih rendah daripada kalori yang digunakan untuk beraktivitas fisik.

Pasalnya, asupan karbohidrat, lemak, dan protein merupakan zat gizi yang memiliki kalori. Ketiganya akan disimpan di dalam tubuh sebagai lemak.

Buat Anda yang tetap ingin menjaga pola makan alias diet sembari menjalani puasa, perlu menerapkan menu diet saat puasa supaya berat badan tetap stabil.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan Anak dengan Aman

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut ini adalah cara diet sehat yang bisa Anda lakukan saat berpuasa, antara lain: 

1. Cukupi kebutuhan air 

Cara diet sehat yang bisa Anda lakukan saat berpuasa yang pertama adalah cukupi kebutuhan air. Meski sedang berpuasa, Anda harus memastikan tubuhmu terhidrasi dengan baik.

Meminum air putih yang cukup juga ternyata ampuh mengindarkanmu dari keinginan makan makanan manis saat berbuka.

Anda dapat memenuhi asupan air minum dengan meminum 2 gelas air saat sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas dari waktu makan malam menjelang tidur.

2. Perbanyak konsumsi protein dan serat

Cara diet sehat yang bisa Anda lakukan saat berpuasa kedua adalah perbanyak konsumsi protein dan serat. Makanan mengandung protein dan serat akan membuatmu kenyang lebih lama.

Makanan tersebut akan membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Anda akan merasa lebih aman karena kelebihan kalori tidak akan menumpuk di tubuh dan berubah menjadi lemak.

Mengganti makanan berkarbohidrat tinggi dengan makanan kaya serat dan protein juga akan menekan nafsu makanmu dan mencegah rasa lapar. 

Editor: Helvana Yulian

Terbaru