Catat, inilah 4 efek samping daun sirih untuk ibu hamil

Jumat, 30 Juli 2021 | 12:44 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, inilah 4 efek samping daun sirih untuk ibu hamil

ILUSTRASI. Anda perlu mewaspadai efek samping daun sirih karena berpengaruh pada tubuh Anda.

KONTAN.CO.ID - Anda memang bisa mendapat banyak manfaat daun sirih. Namun, efek samping daun sirih juga bisa terjadi di kondisi tertentu. Salah satunya saat Anda hamil.

Jika Anda ingin menggunakan bahan alami itu, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter.

Sebenarnya, mengonsumsi daun sirih saat hamil berguna untuk mengatasi sembelit. Nafsu makan juga bisa meningkat karena bahan alami itu.

Tidak berhenti sampai di situ, antioksidan yang terdapat dalam daun sirih bisa menjaga kesehatan tubuh.

Namun, hal yang perlu Anda perhatikan adalah jumlah daun sirih yang Anda gunakan. Terlalu banyak memakai daun sirih bisa memicu kemunculan beberapa masalah berikut.

Untuk menghindari risiko ini, usahakan untuk meminta saran dosis yang tepat dari dokter.

Mengganggu janin

Mengutip dari Only My Health, mengonsumsi daun sirih selama hamil bisa mengganggu kondisi kesehatan janin. Saat dikonsumsi dalam jumlah yang tidak tepat, daun sirih dapat memicu cacat bawaan hingga keguguran.

Baca Juga: 4 Manfaat daun binahong, bisa meredakan nyeri haid

Menyebabkan kecanduan

Beberapa orang mengkombinasikan daun sirih dengan tembakau. Untuk ibu hamil, sebaiknya hindari kombinasi bahan-bahan tersebut.

Daun sirih dan tembakau justru bisa menyebabkan kecanduan sehingga berbahaya untuk kesehatan tubuh Anda dan bayi dalam kandungan.

Menambah berat badan

Salah satu efek samping daun sirih adalah menambah berat badan.

Only My Health menyebutkan, salah satu efek samping daun sirih adalah menambah berat badan. Jika terus terjadi dan dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda bisa mengalami obesitas.

Berat badan yang jauh di atas batas normal bisa meningkatkan risiko beberapa jenis penyakit, seperti diabetes atau sakit jantung.

Baca Juga: Cegah kanker, ini 5 manfaat daun salam untuk kesehatan

Memicu kanker

Efek samping daun sirih berikutnya yang tak boleh Anda abaikan adalah bahan alami itu bisa memicu pertumbuhan sel kanker, apalagi kanker mulut.

Awalnya, daun sirih dapat menyebabkan munculnya seriawan, kemudian mengganggu kesehatan laring, dan berpengaruh buruk ke bagian tubuh yang lain.

Setiap ibu hamil memiliki risiko untuk mengalami beberapa kondisi yang telah disebutkan sebelumnya. Tapi, hal itu bisa Anda hindari dengan penggunaan yang tepat.

Jangan lupa untuk mengikuti saran dokter jika ingin mengonsumsi daun sirih, ya.

Selanjutnya: 4 Efek samping daun kelor yang perlu Anda perhatikan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru