Ini 7 Makanan Sehat Penambah Berat Badan dan Massa Otot

Minggu, 10 Desember 2023 | 17:05 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 7 Makanan Sehat Penambah Berat Badan dan Massa Otot

ILUSTRASI. Ini 7 Makanan Sehat Penambah Berat Badan dan Massa Otot


KESEHATAN - JAKARTA. Simak daftar makanan sehat penambah berat badan yang wajib dicoba. Bagi seseorang tentu ingin memiliki berat badan yang ideal saat kondisi fisik belum menyimpan banyak lemak dan otot.

Makanan penambah berat badan adalah jenis makanan yang dirancang untuk membantu individu yang memiliki masalah kekurangan berat badan atau ingin meningkatkan massa tubuh.

Tujuan dari makanan penambah berat badan adalah untuk memberikan lebih banyak kalori, nutrisi, dan energi kepada tubuh sehingga berat badan dapat naik dengan sehat dan berimbang.

Ini sering menjadi fokus bagi seseorang yang memiliki metabolisme cepat, kesulitan untuk mendapatkan berat badan, atau ingin membangun otot.

Baca Juga: 11 Makanan dan Minuman Pantangan Bagi Penderita Gula Darah Tinggi

Makanan sehat penambah berat badan

Selai kacang

Rekomendasi makanan penambah berat badan biasanya kaya akan kalori, protein, lemak sehat, dan karbohidrat kompleks. Ada beberapa contoh makanan yang sering dianggap sebagai makanan penambah berat badan:

  • Makanan Kaya Protein: Protein diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot. Contohnya adalah daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur, produk susu, dan tahu/tempe.
  • Karbohidrat Kompleks: Karbohidrat adalah sumber energi utama dan membantu mengisi cadangan glikogen di otot dan hati. Beras merah, roti gandum utuh, oatmeal, dan pasta gandum utuh adalah beberapa pilihan yang baik.
  • Lemak Sehat: Lemak sehat seperti lemak alpukat, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan kacang-kacangan bantu menambah kalori secara sehat.
  • Tinggi Kalori: Pilih beberapa minuman yang tinggi kalori dan lemak seperti smoothie dan susu tinggi lemak dengan dibarengi olahraga.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui beberapa daftar makanan untuk menambah berat badan yang sehat dan bergizi.

Periksa beberapa makanan sehat penambah berat badan yang mudah dijumpai dilansir dari Style Craze.

Baca Juga: Ini 7 Cara Menambah Berat Badan dengan Pola Hidup Sehat

1. Selai Kacang

Selai kacang dianggap sebagai opsi makanan yang sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Dalam dua sendok makan selai kacang, terkandung 191 kalori, 7 gram protein, 16 gram lemak, dan 7 gram karbohidrat.

Kacang tanah, sebagai bahan dasar selai kacang, kaya akan protein dan mengandung 20 asam amino yang memperkuat sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh. Meskipun mengonsumsi selai kacang setiap hari sebagai camilan atau dengan buah tidak menyebabkan penambahan berat badan yang signifikan, konsumsi yang teratur dapat membantu Anda mengendalikan berat badan secara lebih efektif.

2. Buah Pisang

Pisang kaya serat makanan, potasium, protein, vitamin A, vitamin C, folat, dan lemak sehat. Satu buah pisang berukuran sedang menyediakan 105 kalori energi dan 27 gram karbohidrat. Suatu penelitian pada pengendara sepeda pria menunjukkan bahwa konsumsi pisang dapat meningkatkan tingkat energi. Pisang dapat dikonsumsi dengan susu dan kacang sebagai sarapan yang tinggi energi atau dijadikan bahan untuk smoothie sebelum berolahraga.

3. Daging Merah

Protein hewani, khususnya yang terdapat dalam daging merah, merupakan salah satu sumber protein terbaik dan juga makanan berkalori tinggi yang dapat membantu menambah berat badan. Daging merah yang berlapis lemak dan mempertahankan kulitnya menjadi opsi terbaik untuk menambah berat badan tanpa mengorbankan kesehatan. Jenis daging ini memiliki peran penting dalam menyediakan asam lemak yang bermanfaat bagi tubuh.

4. Ikan Salmon

Salmon dan ikan berminyak lainnya adalah sumber protein yang baik, membantu meningkatkan massa otot, dan mendukung penambahan berat badan. Dalam 100 gram salmon, terdapat 142 kalori energi, 20 gram protein, dan 6 gram lemak.

Studi di Korea menemukan bahwa konsumsi ikan bersama sayuran dapat berkontribusi pada peningkatan massa otot. Mengonsumsi 1-2 potong ikan per hari dengan tambahan sayuran hijau dan kacang-kacangan dapat membantu menambah berat badan atau massa otot tanpa lemak secara efisien.

5. Smoothie Protein

Minuman smoothie protein yang kaya nutrisi dan bebas pemanis buatan dapat menjadi pilihan untuk menambah berat badan dan massa otot. Dapat dikonsumsi sebagai sarapan, makan siang, makan malam, atau sebagai makanan sebelum atau sesudah berolahraga. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen protein, saat dikombinasikan dengan latihan ketahanan, dapat membantu membangun massa otot dan mempermudah penambahan berat badan.

6. Keju Cheddar

Keju merupakan produk susu kaya kalori yang hadir dalam berbagai bentuk. Keju cheddar, khususnya, kaya protein dan kalsium yang bermanfaat untuk menambah berat badan dan memperkuat massa otot. Hal ini berlaku juga untuk jenis keju lain seperti feta, mozzarella, ricotta, parmesan, dan cottage. Konsumsi keju dapat membantu mendapatkan otot tanpa lemak serta meningkatkan kekuatan tulang.

7. Buah dan Beri Kering

Buah-buahan kering seperti kelapa kering dan kismis kaya kalori, karbohidrat, dan lemak sehat. Konsumsi segenggam buah-buahan kering sebagai camilan sebelum atau sesudah berolahraga, atau tambahkan ke smoothie dan mangkuk sarapan, dapat menjadi alternatif yang baik.

Kurma, sebagai contoh, memberikan energi yang cepat dan memberikan nutrisi dengan satu kurma berukuran sedang menyediakan 67 kalori energi dan 18 gram karbohidrat beserta vitamin dan mineral.

Selain itu, manfaat kurma segar sarat dengan gula sederhana cukup untuk mengisi kembali energi dan merevitalisasi tubuh.Lewat tips dan kiat informasi makanan sehat penambah berat badan yang wajib Anda coba di rumah.

Selanjutnya: Thorcon Power Indonesia Harap Bisa Mulai Konstruksi Proyek PLTN pada 2025

Menarik Dibaca: Lakukan Perawatan Ini Untuk Bantu Tingkatkan Kolagen dalam Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru