Inilah ragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh serta manfaatnya

Minggu, 15 Agustus 2021 | 05:40 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Inilah ragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh serta manfaatnya

ILUSTRASI. Inilah ragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh serta manfaatnya. Kontan/Alri kemas


KONTAN.CO.ID - Nutrisi memiliki beragam manfaat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut WHO, nutrisi penting untuk tubuh agar mampu menangkal penyakit, menjaga kesehatan, dan pertumbuhan. 

Nutrisi yang dibutuhkan tubuh tidak hanya vitamin dan mineral sana, zat-zat lain juga perlu dipenuhi agar tubuh tetap sehat. Ada dua kategori nutrisi yang dibutuhkan oleh manusia yaitu makronutrien dan mikronutrien.

Makronutrien, melansir Healthline, adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah besar. Karbohidrat, protein, dan lemak masuk dalam kategori makronutrien. Sedangkan contoh dari mikronutrien adalah vitamin dan mineral. 

Jenis nutrisi ini dibutuhkan dalam jumlah yang kecil, namun demikian tetap penting untuk dipenuhi. Agar lebih paham tentang macam-macam nutrisi yang penting untuk tubuh, berikut ini rangkuman dari Healthline dan Medical News Today:

Karbohidrat

karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh kita. Zat ini masuk dalam kategori makronutrien dimana tubuh membutuhkannya dalam jumlah besar. 

Karbohidrat bermanfaat untuk memberikan energi pada tubuh terutama pada sistem saraf dan otak. Selain sebagai sumber energi, nutrisi ini juga membantu tubuh melawan berbagai macam penyakit. 

Makanan yang mengandung karbohidrat di antaranya adalah gandum utuh, nasi, kacang-kacangan, dan buah. 

Baca Juga: Teks Proklamasi, ini peristiwa-peristiwa penting di balik penyusunannya

Vitamin

Meski masuk dalam kategori mikronutrien, vitamin sangat penting untuk kesehatan tubuh. Ada banyak sekali manfaat vitamin untuk tubuh manusia, di antaranya adalah:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Memperkuat gigi dan tulang
  • Menjaga dan memelihara tubuh dari serangan kanker
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Membantu menjaga kesehatan darah
  • Membantu tubuh untuk metabolisme protein dan karbohidrat
  • Memelihara fungsi saraf dan otak

Vitamin terbagi menjadi dua jenis yaitu vitamin yang laut dalam air, dan larut dengan lemak. Vitamin yang larut dengan lemak diantaranya adalah vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Sedangkan vitamin yang larut dalam air diantaranya adalah vitamin C dan vitamin B kompleks. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru