5 Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui, Kaya Vitamin hingga Asam Folat

Sabtu, 27 Januari 2024 | 15:05 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
5 Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui, Kaya Vitamin hingga Asam Folat

ILUSTRASI. Daftar Buah yang Baik untuk Ibu Menyusui


MAKANAN & MINUMAN - JAKARTA. Cek beberapa buah yang baik untuk ibu menyusui.  Makanan yang tepat selama masa menyusui sangat penting untuk memastikan ibu memberikan nutrisi yang cukup kepada bayinya.

Beberapa buah-buahan khususnya dianggap baik untuk ibu menyusui karena kandungan nutrisi dan manfaat kesehatannya.

Salah satu contoh buah yang dianjurkan adalah stroberi. Buah ini kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memberikan energi ekstra.

Pisang juga menjadi pilihan yang baik karena mengandung nutrisi esensial seperti kalium, vitamin B6, dan asam folat.

Baca Juga: 5 Makanan Tinggi Serat yang Menurunkan Kolesterol dan Melancarkan Pencernaan

Bayi Menyusui

Selain itu, mengonsumsi apel dapat memberikan serat yang membantu pencernaan dan memberikan rasa kenyang. Penting untuk mencatat bahwa setiap ibu memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda.

Sehingga, perlu berkonsultasi dengan ahli gizi atau penyedia layanan kesehatan adalah langkah yang bijaksana untuk merencanakan pola makan yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan spesifik ibu menyusui.

Buah yang baik untuk ibu menyusui

Buah-buahan merupakan makanan yang sehat dan bergizi, dan sangat baik dikonsumsi ibu menyusui. Buah-buahan mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk ibu dan bayi, seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Beberapa buah yang baik untuk ibu menyusui antara lain, dilansir dari laman Boobies Super Food.

Baca Juga: Dosis Asam Folat Harian Buat Ibu Hamil dan Kesehatan, Manfaat, & Efek Sampingnya

1. Pepaya hijau

Pepaya hijau mengandung enzim papain yang dapat membantu melancarkan ASI. Selain itu, pepaya hijau juga kaya akan vitamin C, vitamin A, dan kalium.

2. Alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak sehat yang baik untuk ibu menyusui. Lemak sehat dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Alpukat juga kaya akan vitamin C, vitamin E, dan folat.

3. Buah beri

Konsumsi buah seperti stroberi, blueberry, dan raspberry baik untuk ibu menyusui. Buah beri kaya akan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu dan bayi. Buah beri juga mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

4. Jeruk

Jeruk merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C diperlukan untuk produksi ASI dan membantu menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh.

5. Pisang

Buah Pisang kaya akan kalium yang penting untuk menjaga kesehatan jantung dan otot. Pisang juga mengandung vitamin B6 yang diperlukan untuk produksi ASI.

Buah-buahan lainnya, seperti apel, melon, semangka, dan mangga. Buah-buahan ini juga mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk ibu menyusui.

Ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi berbagai macam buah-buahan untuk mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang. Ibu juga sebaiknya mengonsumsi buah-buahan segar dan utuh untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Tips memilih buah

Berikut adalah beberapa tips untuk mengonsumsi buah-buahan selama menyusui:

  • Pilih buah-buahan yang segar dan utuh.
  • Cuci buah-buahan dengan bersih sebelum dikonsumsi.
  • Konsumsi buah-buahan dalam jumlah yang wajar.
  • Konsumsi buah-buahan secara teratur.

Dari beberapa buah pilihan di atas, Anda bisa konsumsi dengan bijak dan tidak berlebihan. Pastikan untuk selalui menjaga kebersihan buah yang Anda konsumsi.

Demikian penjelasan terkait beberapa buah yang baik untuk ibu menyusui yang bisa Anda coba.

Selanjutnya: Ini Loh 5 Manfaat Tidur Telanjang, Bisa Redakan Stres

Menarik Dibaca: Ini Loh 5 Manfaat Tidur Telanjang, Bisa Redakan Stres

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru