Apa Itu Perubahan Iklim? Ini Dampak dan Perbedaan dengan Pemanasan Global

Jumat, 23 Februari 2024 | 12:23 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Apa Itu Perubahan Iklim? Ini Dampak dan Perbedaan dengan Pemanasan Global

ILUSTRASI. Perubahan Iklim Adalah? Dampak dan Perbedaan dengan Pemanasan Global).KONTAN/Fransiskus Simbolon


EDUKASI - JAKARTA. Simak pengertian perubahan iklim, dampak, dan perbedaan dengan pemanasan global. Fenomena yang sedang terjadi ini tentu menjadi sorotan dan perlu menjadi perhatian masyarakat.

Perubahan iklim atau climate change adalah fenomena global transformasi kondisi iklim di bumi, yang mencakup perubahan suhu, pola curah hujan, dan arah angin. Fenomena ini utamanya disebabkan oleh aktivitas manusia.

Dampak dari perubahan iklim ini mengakibatkan ketidakseimbangan dalam kondisi cuaca bumi, mengancam keberlangsungan ekosistem, masa depan umat manusia, dan stabilitas ekonomi global.

Tentu, definisi dari perubahan iklim bersamaan dengan munculnya fenomena pemanasan global, lalu apa perbedaannya? Simak informasi berikut ini.

Baca Juga: Pengendalian Banjir, PUPR Selesaikan Rehabilitasi Bendungan Situ Lembang

Perbedaan Perubahan Ikiim dan Pemanasan Global

Puncak Musim Hujan

Menurut USGS, pemanasan global hanyalah salah satu aspek climate change. Faktanya, ahli mengatakan bahwa pemanasan global mengacu pada kenaikan suhu global yang terutama disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer.

Di sisi lain, perubahan iklim mengacu pada peningkatan perubahan ukuran iklim dalam jangka waktu yang lama hal ini termasuk curah hujan, suhu, dan pola angin.

Mengikuti pemikiran yang sama, menurut Climate.Gov, pemanasan global hanya mengacu pada peningkatan suhu permukaan bumi, sedangkan perubahan iklim mencakup pemanasan dan “efek samping” dari pemanasan seperti mencairnya gletser, hujan badai yang lebih lebat, atau kekeringan yang lebih sering terjadi.

Pada akhirnya, hal ini berarti bahwa pemanasan global merupakan salah satu sisi dari masalah perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

Baca Juga: Peringati Hari Lahan Basah, KLHK Tanam Pohon Serentak di Seluruh Indonesia

Dampak Perubahan Iklim

Ada beberapa dampak perubahan iklim yang tentu dapat merusak bumi termasuk kehidupan makhluk hidup di dalamnya. Untuk itu, Anda perlu memahami beberapa dampak yang bisa dihasilkan oleh perubahan iklim, dilansir dari laman You Matter World.

1. Meningkatkan Suhu

Peningkatan suhu global, konsekuensi langsung perubahan iklim, membawa berbagai dampak serius. Gelombang panas yang lebih sering dan intens, menyebabkan kekeringan, kebakaran hutan, dan membahayakan kesehatan masyarakat.

2. Kenaikan Permukaan Air Laut

Kenaikan permukaan air laut, akibat mencairnya es di kutub, mengancam pulau-pulau kecil dan daerah pesisir, memicu banjir rob, erosi pantai, dan menenggelamkan daratan.

3. Instensitas Hujan Tinggi

Perubahan pola curah hujan mengakibatkan banjir dan kekeringan ekstrem. Banjir membawa kerugian infrastruktur dan sosial, sementara kekeringan merugikan pertanian, mengurangi air bersih, dan memicu konflik sumber daya air.

4. Ekosistem Tidak Seimbang

Kerusakan ekosistem menjadi konsekuensi serius. Keseimbangan alam terancam, menyebabkan kepunahan spesies, pemutusan rantai makanan, dan perubahan habitat, dengan kehilangan keanekaragaman hayati yang tak tergantikan.

5. Munculnya Cuaca Ekstrim

Bencana alam seperti badai, kebakaran hutan, dan gempa bumi menjadi lebih parah dan sering, membawa kerugian materi, mengancam nyawa manusia, dan menyebabkan trauma sosial.

Ancaman terhadap pertanian dan ketahanan pangan meningkat. Variabilitas iklim menyebabkan penurunan hasil panen, kelangkaan pangan, dan kenaikan harga pangan, memperburuk ketidakpastian dalam pola cuaca dan membuat petani kesulitan merencanakan tanam.

6. Peningkatan Penyakit Menular

Penyebaran penyakit menular juga dipengaruhi oleh perubahan iklim. Penyakit vektor seperti malaria dan demam dengue dapat menyebar ke wilayah baru, mengancam populasi manusia yang tidak memiliki kekebalan, dan peningkatan suhu global mendukung perkembangan patogen penyakit.

Cara mencegah perubahan Iklim

Fenomena kerusakan hutan

Beberapa cara mencegah dampak perubahan iklim meliputi:

  • Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca: Mengurangi emisi gas rumah kaca melalui penggunaan energi terbarukan, energi yang lebih efisien, dan transportasi berkelanjutan.
  • Konservasi Hutan: Melindungi dan mengelola hutan secara berkelanjutan untuk mengurangi emisi karbon dan menjaga keanekaragaman hayati.
  • Promosi Pertanian Berkelanjutan: Mengadopsi praktik pertanian yang ramah lingkungan, mengurangi penggunaan pestisida dan pupuk sintetis.
  • Peningkatan Efisiensi Energi: Menggunakan teknologi yang lebih efisien untuk mengurangi konsumsi energi.
  • Pendekatan Hijau di Perkotaan: Meningkatkan ruang terbuka hijau, transportasi umum, dan efisiensi energi di perkotaan.
  • Pemberdayaan Komunitas Lokal: Mendukung dan melibatkan komunitas lokal dalam upaya penanganan dampak perubahan iklim.
  • Pendidikan dan Kesadaran Lingkungan: Meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang perubahan iklim dan cara mengatasi dampaknya.

Upaya global dalam pengurangan emisi gas rumah kaca, pelestarian lingkungan, peningkatan ketahanan masyarakat terhadap bencana, dan adaptasi terhadap perubahan iklim sangatlah diperlukan untuk mencegah dampak-dampak tersebut.

Itulah penjelasan terkait arti perubahan iklim atau climate change yang perlu menjadi bahan renungan masyarakat.

Selanjutnya: Incar Motor Bekas Suzuki? Cek 5 Rekomendasi Skutik hingga Motor Sport Ini

Menarik Dibaca: Promo Superindo Hari Ini 23-25 Februari 2024, Diskon sampai 50% dan Beli 1 Gratis 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru