Orang tua perlu tahu fakta medis warna pup bayi, menakjubkan!

Kamis, 04 November 2021 | 14:15 WIB   Reporter: Helvana Yulian
Orang tua perlu tahu fakta medis warna pup bayi, menakjubkan!


KESEHATAN - Warna pup bayi, serta konsentrasinya, bisa berubah-ubah selama beberapa hari, minggu, dan bulan pertama setelah lahir. Jadi, berbagai macam warna aneh yang ibu jumpai bisa jadi normal bagi bayi.

Namun, tidak ada salahnya untuk waspada akan setiap perubahan dan bergerak cepat ketika merasa ada yang tidak beres. Yuk, ketahui arti warna pup bayi secara medis dalam pembahasan berikut ini!

Baca Juga: Aktivitas sektor jasa Jepang tumbuh untuk pertama kalinya selama pandemi

1. Warna pup hitam

Pada bayi baru lahir kurang dari 1 minggu, hitam adalah warna yang sehat untuk tinja. Selama 24 jam pertama kehidupan, bayi baru lahir akan mengeluarkan mekonium.

Ini adalah zat yang terdiri dari sel-sel, cairan ketuban, empedu, dan lendir yang tertelan saat di dalam rahim. Mekonium bersifat steril, sehingga biasanya tidak berbau.

2. Warna pup kuning

Ini adalah warna feses yang normal, terutama pada bayi yang disusui. Terkadang bisa jadi ada bintik-bintik kecil di dalamnya. Ini berasal dari ASI dan umumnya tidak berbahaya.

3. Warna pup cokelat atau oranye

Ini adalah warna pup yang normal dari bayi yang diberi susu formula. Saat bayi minum susu formula, kotorannya cenderung berwarna cokelat muda atau oranye. Pada beberapa kasus mungkin sedikit lebih gelap.

4. Warna pup merah

Jika warna pup bayi merah, ibu perlu waspada. Ini biasanya terjadi karena ada darah dalam kotoran, akibat berbagai masalah kesehatan. Sebaiknya, bawa Si Kecil ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut.

5. Warna pup putih

Putih juga bukan warna yang sehat untuk feses bayi. Meski sangat jarang terjadi, ini bisa jadi indikasi masalah pada organ hati. Misalnya penyakit kuning, yang umum terjadi pada bayi baru lahir.

Baca Juga: Harga mobil bekas Mercy di bawah Rp 100 juta dapat varian sedan hingga MPV

Jika bayi memiliki pup berwarna putih atau pucat, dokter biasanya akan memeriksa kadar bilirubinnya. Bilirubin adalah zat yang membantu tubuh membuang limbah.

Itulah pembahasan mengenai warna pup bayi dan artinya menurut medis. Dapat disimpulkan bahwa warna pup bisa berubah-ubah karena banyak faktor. Beberapa warna yang tampaknya aneh, seperti hitam atau hijau, bisa jadi normal.

Namun, beberapa juga bisa jadi indikasi adanya masalah kesehatan yang dialami bayi. Segera perikasa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Selanjutnya: Moms, Kenali Penyakit yang Kerap Menyerang Bayi di Tahun Pertamanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Helvana Yulian

Terbaru