Sering dianggap sama, ini 5 perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan

Kamis, 17 Desember 2020 | 11:40 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Sering dianggap sama, ini 5 perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan

ILUSTRASI. Sering dianggap sama, ini 5 perbedaan Kutub Utara dan Kutub Selatan. REUTERS/Deborah Zabarenko

KONTAN.CO.ID -  Kutub Utara dan Selatan sering dianggap memiliki karakteristik yang sama. Nyatanya ada banyak perbedaan dari dua wilayah paling Utara dan Selatan Bumi ini. 

Persamaan dari Kutub Utara dan Selatan yang paling kentara adalah dua wilayah ini selalu tertutup es dan dingin. Padahal, meskipun sama-sama tertutup es, Kutub Utara dan Kutub Selatan memiliki dingin yang berbeda.. 

Simak perbedaan dari Kutub Utara dan Selatan di bawah ini yang dihimpun dari LiveScience dan Arctic Kingdom.

  • Suhu wilayah

Lebih dingin mana? Kutub Utara atau Kutub Selatan? Meskipun sama-sama tertutup es dan salju, nyatanya Kutub Selatan atau Antartika memiliki suhu yang lebih dingin. 

Suhu di wilayah ini bisa mencapai -49 derajat Celcius. Hal ini membuat Antartika menjadi wilayah dengan suhu terdingin di Bumi. 

Sedangkan di Arktika atau Kutub Utara, suhu wilayah dipengaruhi oleh musim.  Saat musim dingin, suhu di Kutub utara mencapai -34 derajat Celcius. Temperatur suhu akan naik dan menghangat saat musim panas tiba.

Baca Juga: Terbaru, Lowongan kerja di Richeese Nabati 2020 minimal lulusan SMA dan SMK

  • Beruang kutub vs pinguin

Banyak orang mengira kehidupan di Kutub Utara dan Kutub Selatan sama. Tidak sedikit yang menganggap beruang kutub dan pinguin hidup di wilayah yang sama. 

Namun, dua hewan yang identik dengan kutub ini tinggal di wilayah yang berbeda. Beruang kutub, bersama dengan rusa kutub, walrus, kelinci arktik, hingga berbagai jenis burung tinggal di Kutub Utara. 

Sedangkan pinguin hidup di Kutub Selatan. Selain pinguin, hewan yang hidup di wilayah ini adalah singa laut, gajah laut, hingga beragam ikan seperti paus biru.

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru