Hukum Archimedes: Awal ditemukan, rumus, dan penerapannya

Jumat, 20 Agustus 2021 | 13:10 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Hukum Archimedes: Awal ditemukan, rumus, dan penerapannya

ILUSTRASI. Hukum Archimedes: Awal ditemukan, rumus, dan penerapannya.


KONTAN.CO.ID -  Hukum Archimedes merupakan salah satu hukum fisika yang perlu dipelajari oleh siswa. Hukum ini biasa dipelajari saat siswa berada di bangku SMP.

Melansir dari Encyclopedia Britannica, hukum ini ditemukan pertama kali oleh ahli matematika asal Yunani, Archimedes. 

Bunyi dari Hukum Archimedes: "Sebuah benda dicelupkan pada zat cair maka benda tersebut akan mendapatkan gaya ke atas atau gaya apung sebesar berat zat cair yang dipindahkan".

Dari hukum ini, Anda bisa mengetahui mengapa ada benda yang mengapung dan ada benda yang tenggelam jika dimasukkan dalam air. 

Awal ditemukan Hukum Archimedes

Archimedes pertama kali menemukan hukum ini untuk memecahkan masalah dari Hieron, Raja Syracuse.

Mengutip Live Science, Archimedes diminta sang raja untuk memastikan mahkota barunya terbuat dari emas murni tanpa merusaknya. 

Archimedes akhirnya menemukan cara membuktikan keaslian mahkota raja setelah lama mencari cara yang tepat. Dia menemukan cara tersebut saat sedang mandi.

Saat masuk ke dalam bak mandi, Archimedes menyadari ada sebagian air yang tumpah. Banyaknya air yang tumpah sama dengan berat badannya yang masuk ke dalam bak mandi. 

Saking senangnya menemukan cara untuk mengecek keaslian mahkota raja, Archimedes berlarian di jalanan dalam keadaan telanjang. Saat berlari, ia berteriak "Eureka!" yang berarti "Aku menemukannya!" dalam bahasa Yunani. 

Baca Juga: Termometer suhu: Pengertian, jenis, serta skala yang digunakan

Hukum Archimedes

Sesuai dengan bunyi dari hukum Archimedes, suatu benda yang dimasukkan dalam zat cair akan mendapatkan gaya ke atas atau gaya apung. Gaya tersebut mengakibatkan berat benda menjadi berkurang saat berada dalam zat cair. 

Artinya, berat benda dalam zat cair bukanlah berat sebenarnya atau berat semu. Melansir dari Sumber Belajar Kemendikbud Ristek, resultan gaya antara gaya apung dengan gaya berat merupakan berat dari benda yang ada dalam zat cair.

Rumus berat benda dalam zat cair bisa ditunjukkan dengan: 

Rumus berat benda dalam zat cair - Hukum Archimedes

Gaya apung dapat dirumuskan dengan formula berikut ini:

 

Rumus gaya apung - Hukum Archimedes

Baca Juga: Inilah cara efektif belajar mandiri di rumah untuk pelajar, yuk dicoba

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru